Skip to content →

#3 Tugas Ekskul Jurnalistik: Bercerita Melalui Foto

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn
20130826_073856
Salah satu contoh bidikan saya setelah memahami dan membaca modul om Didiet tentang Rules of Third atau komposisi dalam fotografi šŸ™‚ (dok.pribadi)

“Setiap fotografer itu bukanlah penulis” saya lupa siapa yang mengatakan hal itu tapatnya, yang jelas orang yang mengatakannya dalam status facebook itu adalah anggota kampret (kompasianer hobi jepret). Yah antara Om Didiet atau mas Harja. Dari komunitas itulah saya belajar fotografi dengan menggunakan kamera smartphone seadanya.

Terkait dengan quote diatas, akhirnya saya membagikan materi yang pernah di bahas oleh om Didiet tentang Rules of Third atau komposisi dasar fotografi kepada anak-anak eksul jurnalistik. Sepekan sebelumnya saya meminta mereka untuk membawa sebuah kamera. Tidak harus kamera DLSR, jadi mereka bebas membawa kamera jenis apa saja.

Apa yang ingin saya sampaikan adalah untuk jadi jurnalis cilik tentu mereka juga harus dibekali dengan pengetahuan dasar tentang fotografi juga. Tujuannya tentu saja agar tulisan dapat dilengkapi dengan foto yang bermakna dan bercerita cieiilllllaaahhhh dah ahahahaha. Nah, inget dengan modul-modul kampret yang dishare di grup, akhirnya modul tersebut saja jadikan sebagai sumber pembelajaran. Selain materinya sederhana juga telah di lengkapi dengan contoh-contoh yang sangat mudah dicerna.

Setelah membagikan materi yang ditulis oleh Om Didiet, saya melihat ada perubahan gambar-gambar yang dibidik oleh anak-anak. Hasilnya tentu akan sangat menarik jika nanti ditampilkan dan diceritakan oleh mereka masing-masing di blognya. Oke, jadi tunggu aja yaa update dari mereka bagaimana hasil-hasil foto yang telah mereka dapatkan.

Nah, sekarang saya mau kasih tugas mingguannya buat anak-anak ekskul jurnalistik di Sekolah Ehipassiko BSD, untuk nulis di blognya masing-masing. Berikut adalah ketentunannya;

  1. Tulisan bersifatĀ deskriptifĀ tentang hasil foto yang dibidik melalui kamera. (minimal 3 foto)
  2. Panjang tulisan minimal 100 kata/foto.
  3. Foto adalah hasil bidikan atau karya sendiri.
  4. Postingan ditunggu paling lambat hari Minggu tanggal 15 September 2013 pukul 24.00 WIB.
  5. Setelah tulisan selesai, kemudian di share melalui twitter dan mentionĀ @DzulfikarAlalaĀ dengan hastagĀ #JurnalistikEhi3
  6. Jangan lupa juga cantumkan link url tulisan kamu di kolom komentar dibawah tulisan ini.
  7. Tulisan tidak menyinggung SARA atau menjelek-jelekan sesuatu/seseorang.
  8. Tulisan bukan hasil jiplakan atau copy paste.
  9. Tulisan di publish dengan menggunakan platform bebas (WordPress, Blogspot, Tumblr, Posterous, Kompasiana, Blogdetik, dll)
  10. Gaya penulisan bebas.
  11. Tulisan ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Jika menggunakan Bahasa Inggris akan mendapatkan nilai tambahan.
  12. Jika masih memiliki kesulitan untuk posting di blog sementara boleh di kirim melalui email delapanempat[at]gmail[dot]com

*ps kalau ada sponsor dari pembaca yang budiman yang mau ngasih hadiah buat tulisan terbaik anak-anak, monggo di share heuheuheuheu.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Published in Traveling

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *