5 Tips Memilih Apartemen untuk Investasi Menguntungkan

5 Tips Memilih Apartemen untuk Investasi Menguntungkan

February 26, 2018 0 By Dzulfikar

Selain untuk tempat tinggal, biasanya salah satu yang menjadi pertimbangan memlilih atau membeli apartemen adalah investasi di masa depan. Itulah kenapa saat ini salah satu properti yang menguntungkan di tengah lahan yang terbatas di Jakarta adalah dengan membeli apartemen.

Supaya tidak kecewa dan bisa memilih apartemen yang tepat untuk investasi menguntungkan di masa depan, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini. Terutama bagi generasi milenial yang kini sudah melirik bisnis di bidang properti. Simak tips memilih apartemen berikut ini ya.

tips memilih apartemen

1. Lokasi Apartemen

Kata orang, memilih rumah itu ibarat memilih jodoh. Dalam tradisi Jawa harus ditelusuri bobot, bibit dan bebetnya. Secara sederhana bobot adalah kualitasnya, bibit adalah keturunannya dan bebet adalah penampilan luar yang menjadi cermin di dalam diri seseorang.

Logika tersebut sebetulnya bisa juga diaplikasikan ketika memilih apartemen. Misalnya dengan memilih apartemen dengan lokasi yang dekat dengan bandara Soekarno Hatta yang jelas strategis. Menelusuri pengembang dan lahannya serta melihat tampilannya dari luar seperti arsitektur, desain serta fasilitasnya.

Menurut data PT Angkasa Pura II bahwa jumlah penumpang pada tahun 2017 tumbuh hingga 63 juta orang. Padahal kapasitas bandara Soekarno Hatta dengan dibukanya Terminal 3 saat ini baru mencapai 60 jutaan.

Dengan potensi 63 jutaan penumpang pada tahun 2017 saja bandara Soekarno Hatta sudah berencana membangun Terminal 4. Jika terminal 4 sudah selesai dibangun, diperkirakan bandara yang menjadi salah satu gerbang masuk kebanggaan rakyat Indonesia ini akan menampung hingga 90 juta orang per-tahun.

Sulit rasanya menampik bahwa Apartemen Bandara City yang dekat dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta ini memiliki nilai investasi yang tinggi dengan potensi 90 juta penumpang dalam 5 sampai dengan 10 tahun mendatang.

Dengan jarak hanya sekitar 2 kilometer saja dari Bandara Soekarno Hatta, kini apartemen tumbuh menjadi salah satu investasi properti yang menjanjikan. Apartemen selain bisa ditempati, bisa juga disewakan. Apalagi saat ini sudah banyak tersedia aplikasi penyewaan apartemen seperti Airbnb sehingga memudahkan menyewakan apartemen pada orang lain tanpa perantara pihak ketiga. Sewa menyewa apartemen dekat dengan bandara sudah sangat lumrah di negara-negara maju utamanya bagi penumpang yang harus transit dalam waktu yang cukup lama.

2. Status Lahan Apartemen

Sebisa mungkin telusuri terlebih dahulu status lahan secara hukum. Beberapa pengembang terkadang hanya memiliki hak konsensi. Hak konsensi adalah hak untuk mengelola lahan dan bangunan dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan pengelolaan tersebut dibagi dengan pemilik lahan misalnya dalam hal ini pemerintah atau pihak lain.

Keuntungannya mungkin sementara misalnya soal akses transportasi, lokasi yang strategis maupun fasilitas yang lengkap. Namun, jika hak tanah sudah habis masa pakainya maka penghuni mau tak mau harus angkat kaki dari apartemen tersebut apapun alasannya dengan uang pengganti yang mungkin saja nilanya jauh lebih rendah dari nilai investasi sebenarnya.

apartemen di jakarta barat

3. Nilai Investasi Apartemen

Menghitung nilai investasi apartemen sebetulnya tidak terlalu sulit kok. Ada banyak sumber yang bisa memberikan cara menghitung nilai investasi sebuah apartemen dengan mudah. Bahkan beberapa situs sudah menyediakan kalkulator kenaikan harga nilai sebuah properti.

Umumnya nilai kapitalisasi sebuah apartemen itu berkisar antara 7% sampai dengan 12% yang ditentukan dengan beberapa komponen. Misalnya jika dekat dengan bandara dan memiliki akses khusus jalan masuk ke bandara, maka nilai kapitalisasinya akan semakin tinggi. Belum lagi dihitung dengan beberapa keuntungan seperti dekat dengan tempat hiburan, fasilitas yang lengkap, tempat ibadah, sekolah dan seterusnya.

Bagi generasi milenial seharusnya mulai memikirkan bahwa apartemen merupakan gaya hidup sekaligus sebagai salah satu produk investasi yang menguntungkan. Meskipun secara sederhana ada rumus berutang dengan porsi sekitar 30% untuk cicilan, sebaiknya justru dialokasikan untuk cicilan yang produktif seperti membeli sebuah hunian. Meskipun nantinya tidak akan ditempati, tapi masih bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pemasukan pasif yang bisa disewakan kepada orang lain.

Beberapa apartemen di luar negeri jarang sekali yang memiliki akses ke bandara secara langsung. Biasanya hanya beberapa hotel eksklusif saja. Maka, dengan adanya apartemen dekat dengan Bandara sudah menjadi nilai plus tersendiri karena potensi untuk disewakan jauh lebih tinggi. Terutama di era digital seperti saat ini. Generasi milenial dapat mencari sewa apartemen terjangkau hanya dari genggaman melalui smartphone mereka.

Keuntungan menyewakan apartemen adalah bisa membantu proses cicilan apartemen sehingga cicilan setiap bulannya bisa lebih ringan. Perputaran seperti ini sangat lumrah bagi investor yang banyak berinvestasi di bidang properti terutama apartemen. Keuntungan yang didapat bisa mencapai antara 10% sampai dengan 30% dari nilai Apartemen yang disewakan.

Keuntungannya menyewakan apartemen di Bandara City karena kamu tidak perlu repot lagi belanja barang-barang karena Apartemen Bandara City memiliki pilihan fully-furnised sehingga saat serah terima kunci, apartemen bisa langsung disewakan pada orang lain.

4. Fasilitas Apartemen

Komponen fasilitas dalam sebuah apartemen menjadi salah satu faktor penting. Misalnya keamanan 24 jam yang dipantau dengan CCTV juga menjadi salah satu sistem keamanan penting untuk sebuah apartemen. Karena, meskipun memiliki tim satuan pengamanan pasti ada beberapa blind spot yang perlu dibantu diawasi dengan kecanggihan teknologi.

Selain fasilitas keamanan yang mumpuni, fasilitas hiburan juga menjadi salah satu basic need yang dibutuhkan oleh penghuni apartemen masa kini. Misalnya tersedianya ruang terbuka hijau, kolam renang, bioskop, super market, food court sampai dengan tempat karaoke sehingga bisa menjadi tempat bercengkerama bersama teman atau pun keluarga tanpa harus repot keluar area apartemen karena fasilitas tersebut sudah terintegrasi dengan tower apartemen Bandara City di area Superblock Jakarta Barat yang memiliki akses langsung menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta.

5. Akses Transportasi Umum

Akses transportasi kini menjadi semakin mudah dengan adanya layanan transportasi online. Apalagi saat ini sudah tersedia beberapa alternatif transportasi umum menuju Bandara.

Bayangkan betapa mudahnya transportasi dari kawasan superblock Bandara City ke bandara yang jaraknya kurang lebih hanya 2 kilometer saja. Apalagi nantinya tersedia akses khusus keluar masuk menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan mudah bagi penghuni Apartemen Bandara City.

Itulah beberapa tips dan trik membeli dan memilih apartemen untuk investasi yang menguntungkan. Salah satu investasi yang tak pernah surut adalah dengan membeli properti di kawasan strategis di Jakarta Barat seperti Apartemen Bandara City