Skip to content →

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Botol Penyimpan ASI

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

avent philips botol penyimpanan asiMemilih botol penyimpanan ASI perlu beberapa pertimbangan. Pasalnya ASI yang sudah disimpan didalam botol biasanya tidak bisa bertahan lama jika didiamkan dalam suhu kamar, paling hanya sekitar 3 hingga 4 jam saja. Bahkan setelah keluar dari kulkas kemudian didiamkan, ASI akan bertahan hingga enam jam saja. Setelah melewati batas waktu itu, ASI tidak boleh dikonsumsi oleh bayi.

Namun jika dibutuhkan ASI bisa disimpan dalam jangka waktu yang sangat panjang antara 4 hingga 6 bulan lamanya. Dengan syarat ASI tersebut harus dibekukan dalam suhu minimal -18 derajat celcius atau lebih rendah lagi. Bahkan suhunya harus konstan tidak boleh berubah-rubah. Berabe-nya kalau listrik suka byar pet agak repot kalau untuk menyimpan ASI dalam jangka waktu lama.

Untuk menjaga kualitas kimia ASI, tentu diperlukan beberapa syarat utama wadah penyimpanan yang baik. Bukan hanya persoalan menjaga rasa tetapi juga menjaga nutrisi yang ada didalam ASI sehingga bisa benar benar manfaatnya dirasakan langsung oleh bayi.

Bagi ibu yang bekerja, pompa ASI sudah jadi barang pokok. Apalagi jika ingin memberikan ASI Eklusif selama enam bulan pertama. Jatah cuti selama tiga bulan tentu akan kurang jika harus ditambah tiga bulan lagi. Untuk itu setiap ibu dianjurkan memiliki pompa ASI sendiri dan tentunya botol penyimpanan ASI sendiri.

Beruntung jika di kantor masing-masing sudah memiliki lemari pendingan atau kulkas. Jika tidak, ASI harus segera di konsumsi begitu setelah diperah. Makanya di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, ada jasa layanan antar jemput ASI. Sehingga bayi bisa mendapatkan ASI yang benar-benar fresh.

Nah kira-kira apa saja yaa syarat-syarat botol penyimpanan ASI yang baik menurut beberapa sumber yang saya baca, ini dia rangkumannya:

1. Kapasitas Besar

avent philips botol penyimpanan asi

Botol ASI kaca biasa hanya memiliki kapasitas 100 ml saja. Sedangkan ibu yang memompa ASI bervariasi hasil pompaannya. Ada yang bisa sampai 60 ml, 90 ml bahkan sampai 125 ml. Untuk ukuran Internasional mungkin bisa lebih banyak lagi tergantung produksi ASI sang ibu.

Untuk itu botol penyimpanan ASI harus memiliki kapasitas yang sesuai dengan produksi ASI sang ibu. Jika berlebih tentu dibutuhkan kapasitas yang besar seperti Storage Breast Milk milik Avent Philips yang bisa menampung hingga 180 ml ASI.

Ketika ASI dibekukan jangan khawatir tutup akan terbuka karena Avent Philips Storage System memiliki ulir yang rapat dengan rongga udara yang cukup saat ASI dibekukan. Jadi tidak perlu khawatir tutupnya akan terbuka atau ASInya akan tumpah.

2. Terbuat dari Bahan yang Aman

avent philips botol penyimpanan asi

Bahan Storage System Avent Philips BPA Free (0% BPA) sehingga aman untuk bayi. Karena terbuat dari bahan yang berkualitas, Storage Avent Philips tidak mudah pecah.

Avent Philips Storage System telah teruji secara klinis dari berbagai penelitian yang melibatkan seluruh ibu dari seluruh dunia selama hampir 29 tahun lamanya.

3. Mudah digunakan

avent philips botol penyimpanan asi

Storage System Avent Philips sudah dilengkapi dengan ulir khusus sebagai penghubung antara storage dengan breast pump sehingga tidak perlu repot mengganti-ganti storage atau istilahnya disebut dengan adaptor. Jadi saat selesai memerah asi, cukup hubungkan kepala dot Avent Philips menggunakan adaptor langsung ke storagenya. Sangat simple menggunakannya.

Semua ringkes dengan putaran yang tidak terlalu dalam, baik untuk storage system maupun dot Avent Philipsnya. Setengah putaran saja sudah cukup untuk membuat penutupnya menjaga ASI agar tidak tumpah.

Jika sudah tidak digunakan sebagai botol penyimpan asi, Storage System ini juga bisa digunakan untuk menyimpan sufor atau makanan bubuk bayi lainnya sehingga multi fungsi untuk berbagai keperluan bayi bahkan hingga batita.

4. Mudah dibersihkan

avent philips botol penyimpanan asi

Keunggulan Storage System Avent Philips adalah rongga yang lebar tidak seperti botol yang sulit dijangkau saat dibersihkan. Tanpa harus menggunakan sikat botol, Storage System dapat dibersihkan dengan mudah hingga pada bagian terdalamnya sekalipun.

Semua tinggal di copot bagian penutupnya atau adaptornya. Semudah membersihkan dan mencuci gelas di dapur.

5. Egronomis dan Ekonomis 

 

avent philips botol penyimpanan asiTanpa breast pump, cooler box dengan ukuran kira-kira 12 x 12 x 12 cm dapat menampung delapan storage system sekaligus. Jika menggunakan breast pump maka hanya bisa memuat sekitar empat storage system Avent Philips. Jika ibu harus memompa tiga jam sekali atau empat jam sekali maka empat storage ASI sudah cukup untuk seharian penuh selama bekerja di kantor. Mudah juga untuk dibawa bepergian.

avent philips botol penyimpanan asi

 

avent philips botol penyimpanan asi

Jika masih kurang, Avent Philips memiliki produk inovatif berupa storage berbentuk plastik yang steril sekali pakai. Tidak perlu khawatir akan tumpah karena sudah ada zippernya yang rekat sehingga ASI tidak mungkin tumpah. Plastik Avent Storage Breast Milk ini sangat cocok dibawa dalam perjalanan mudik dengan perjalanan panjang. Jadi, selama perjalanan mudik, Ibu masih bisa tetap stock ASI jika memang dibutuhkan. Cukup disimpan di Cooler Box, ASI siap kapan saja diberikan kepada bayi kita.

Kapasitas ASI yang bisa ditampung pun cukup banyak hampir sama dengan storage system berbentuk gelas dengan kapasitas 180 ml. Tentu saja sudah BPA Free sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan keamanannya.

Semua produk Storage System Avent Philips bisa dibeli secara online maupun secara offline di toko-toko ataupun swalayan di seluruh Indonesia.

Salam Hangat

@DzulfikarAlala

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Published in Review

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *