Skip to content →

Cara Mudah Mengirimkan Video CJ Netmedia Indonesia

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Video Pingoo Resto Jakarta Aquarium ini adalah video perdana saya yang berhasil tayang di video CJ Netmedia Indonesia. Platformnya hampir sama dengan Kompasiana yang berbasis tulisan, perbedaannya CJ Netmedia berbasis video. Namun keduanya sama-sama mengusung Citizen Journalist.

Setiap warga biasa bisa mengirimkan video-video yang mengandung berita. Contohnya video saya ini memang beritanya sedang “panas”. Kontroversi terjadi karena ada perbedaan antara sudut pandang masyarakat awam tentang keberadaan penguin di dalam Pingoo Resto Jakarta Aquarium.

Baca deh “Lion Light” Rakitan Remaja Kenya Selamatkan Singa dari Kepunahan

Ada kesan bahwa penguin Hambolt sub-tropis ini dieksploitasi. Sedangkan pihak Jakarta Aquarium membantah kabar tersebut. Soalnya tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk menghadirkan Penguin di Resto dengan konsep unik tersebut.

Jujur ya, makanan di Pingoo Resto buat lidah kampung seperti saya kurang cocok. Saat itu saya diberi menu Fish and Chip. Ikan Dori dan kentang goreng. Porsinya memang biking kenyang banget.

Tapi, salah satu yang menjadikan unik adalah keberadaan aquarium berisi Penguin Hambolt subtropis yang didatangkan dari Cisarua Bogor.

Nah, perlu diketahui bahwa penguin-penguin ini bukan penguin yang langsung diambil dari habitat aslinya di Peru dan Chile. Keberadaan Penguin ini malah merupakan pengembangbiakan di Cisarua, Puncak, Bogor yang sudah memasuki generasi ketiga.

jakarta aquarium

Singkatnya ini tuh cucu-cucu Penguin asli dari Peru dan Chile yang berhasil dikembangbiakkan sesuai dengan suhu di Cisarua, Puncak, Bogor.

Nah saudara, Penguin di Neo Soho Mal Lower Ground ini suhu aquariumnya sudah disesuaikan antara 18 – 25 derajat celcius. Pokoknya dingin banget deh. Saya aja kalau di Bandung langsung meler. Apalagi dikerem di suhu kamar seperti itu.

Baca deh Nikmatin Konro Bakar Enak Floating Market Ah Poong Sentul Bogor

Somehow, saya tetap menghormati kalau ada saudara-saudara yang beranggapan bahwa satwa liar ini seharusnya tidak dikerangkeng dan jadi eksploitasi bisnis seperti yang dilihat.

To be fair, semua pengurusan izin sudah dilalui oleh Jakarta Aquarium untuk menghadirkan penguin penguin lucu di Pingoo Resto. Bahkan, keepernya sendiri benar-benar dibawah pengawasan langsung Taman Safari Indonesia.

Nah, Pingoo Resto dan keberadaan penguin-penguinnya ini baru sebagian kecil dari Jakarta Aquarium. Apalagi nanti dengan hadirnya ikan pari dan biota laut lainnya di Neo Soho Mal Jakarta Barat ini.

Jujur saya sih tertarik buat liat dan datang. Katanya aquarium seperti ini malah udah ada di Bandara Changi Singapura dan beberapa mal di beberapa negara.

So? segala pandangan balik lagi ke undang-undang yang berlaku dan pendapat pribadi masing-masing deh ya hahaha.

Cus deh tonton aja video perdana saya di CJ Netmedia Indonesia ini ya gaes. Pasti nanti bakal ada update terbaru lagi deh tentang jelong-jelong bareng abang Dzul ini hahaha.

Kalau videonya enggak muncul klik aja di sini

Nah, pertanyaannya gimana caranya kirim video ke CJ Netmedia Indonesia? Gampang kok.

  1. Bikin videonya dulu. Usahakan durasinya 1 menit aja. Tidak kurang dan tidak lebih.
  2. Jangan lupa bikin akun dan lengkapi biodatanya ya. Pasang juga foto kece kamu sebagai profile di CJ Net.
  3. Saya aja pakai kamera ponsel Siomay kok. Gak perlu kamera mahal. Kalau mahal emang beda sih kualitasnya. Tapi jangan karena punyanya barang murah jadi berhenti berkarya ya gaes.
  4. Kedua, edit video dengan menggunakan movie maker. Kenapa pakai movie maker? Lebih sederhana, mudah dan cepat. Gak perlu beli atau bayar pula.
  5. Penggal tiap klip tidak lebih dari 3-5 detik. Jadi, nanti durasi 60 detik itu bisa diisi dengan 15-20 klip atau penggalan video.
  6. Nah, belajar deh framing dan cara geser kamera dari sudut pandang yang berbeda. Pokoknya tiru aja dari video di CJ Net yang sudah tayang.
  7. Setelah selesai, tambahkan latar musik yang sesuai dengan tema video ya. Jangan pasang musik horor buat video traveling. Pokoknya yang happy-happy aja. Dan inget, cari musik yang free usage. Tinggal googling aja banyak kok. Saya aja donwload di Audio Library Youtube yang gratisan.
  8. Nah, kalau sudah export video ke dalam bentuk mp4 atau sejenis. Done.
  9. Setelah itu tinggal uplaod ke akun CJ Netmedia Indonesia.
  10. Berikan judul yang menarik dan caption video yang informatif. Nah, disini harus kreatif dan jeli karena caption dibatasi hanya 250 karakter doang. Tapi nanti kalau sudah tayang biasanya dilengkapi dan diedit sendiri kok sama adminnya.
  11. Nah, terakhir pilih kategori video yang kamu upload. Berhasil!
  12. Tunggu approval dari admin. Biasanya kalau disetujui akan ada balasan di email. Kalau tayang bisa dapat kompensasi dari CJ Netmedia Indonesia.
  13. Siapin aja data seperti Scan KTP, NPWP dan Halaman Pertama Buku Tabungan yang ada info pemilik dan nomor rekeningnya. Cabang Bank yang digunakan juga harus jelas ya gaes.
  14. Itulah pengalaman perdana saya mengirimkan Video CJ Netmedia Indonesia buat jadi jurnalis warga untuk video.
  15. Tinggal nunggu pencairan dana nih, nunggu 4 minggu (maksimal) hahaha.
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Published in Traveling

9 Comments

  1. coba aja gan, siapa tau dapet honorarium kan lumayan

  2. @babang paling minimal 250rb om

  3. @Didik mas, kayaknya udah ada special invitation deh saya pantau linimasanya. Direktur Salesnya sih janji bakal undang kita lagi kalau udah launching. Will see deh nanti gimana.

  4. @Sari klo npwp gak ada biasanya pemotongan pajaknya lebih besar. Minimal ada nomor NPWPnya aja.

  5. Thanks for sharing mas , kalo NPWP luoa entah dimana simpennya gimana ya? ?

  6. Makanan yang aku cicipin enak, tapi porsinya emang gede. Saya menunggu Jakarta Aquarium dibuka dengan koleksi satwa yang lebih banyak. Pasti seru..jadi ga perlu ke Cisarua untuk menikmati satwa2 seru ini..

  7. Wah bagus tuh videonya yang atas…
    sangat memantu tuh cara mengirimkan video di netmedia
    thanks for share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *