image

Saya pikir mengurus pengajuan pemasangan listrik baru itu sulit. Eh tenyata prosesnya tidak terlalu sulit seperti yang saya bayangkan. Cukup datang ke kantor PLN terdekat dengan membawa fotocopy KTP.

Untuk pendaftaran pemasangan baru dengan daya 1300 VA dikenai biaya Rp. 1.450.000 sedangkan untuk pemasangan 2200 VA dikenai biaya sekitar Rp. 2.200.000. (Harga bulan September 2013 di daerah Pamulang, Tangerang Selatan).

Semua sambungan baru menggunakan listrik prabayar dengan kwh elektrik. Kebetulan saat mendaftar, stock kwh sedang habis. Jadi pemasangan sedikit molor dari biasanya karena harus menunggu kwh.

Proses sambungan dilakukan oleh mitra kerja PLN. Jadi biaya yang di bayarkan sudah include semuanya. Kecuali jika kita ingin memberikan uang lelah seikhlasnya kepada petugas yang datang.

image

Proses instalasi bukan menjadi tanggung jawab PLN, semua diserahkan kepada pemilik rumah. Jadi sebelum listrik tersambung sebaiknya proses instalasi sudah selesai.

Prosesnya sangat cepat. Setelah selesai saya hanya tinggal dimintai tandatangan di beberapa lembar form yang menyatakan bahwa listrik sudah tersambung. Kemudian saya diberi sebuah kartu sebagai id pelanggan. Kartu tersebut harus ditunjukkan setiap kali ingin membeli pulsa listrik.

image

Salam Hangat
Diskusi bareng saya di twitter @DzulfikarAlala

Herry Herdian Koeswayo on March 23, 2014 at 9:30 AM said:

Pak DZulfikar, saya koreksi, memasang instalasi listrik itu tidak bisa nyuruh anak STM listrik saja…. aduuh tolong dibaca peraturan undang-undang no. 30, peraturan lembaga jasa konstruksi jangan sampai menyampaikan informasi yang sesat nanti yg korban konsumen.
Pak Ridho, jadi instalasi listrik milik pelanggan itu bukan menjadi urusan PLN tetapi menjadi urusan instalatur yang resmi, apa itu instalatir yang resmi yaitu perusahaan instalatir yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti mempunyai SIUJK ( surat ijin jasa kontruksi ) dari Pemerintah, mempunya tenaga tehnik yang bersertifikat yang telah diuji oleh lembaga sertifikasi yang ditunjuk pemerintah, Nah…. perusahaan-perusahaan instalatir ini tergabung biasanya dalam suatu asosiasi misalnya AKLI, AKLINDO, K3N dan lain sebagainya.
Jangan asal main ambil Tenaga STM listrik saja Pak, karena mereka tidak mempunyai ijin untuk melakukan pemasangan instalasi listrik, nanti lama2 tukang tembok yang masang, Pak Ridho hubungi saja pihak instalatir kemudian dihitung berapa kebutuhan daya yang bapak butuhkan, kebutuhan materialnya berikut jasa pasangnya. nanti instalatir ini bisa juga menguruskan SLO, oh ya tentang SLO ( sertifikat laik operasi) sederhananya, seperti ini :
Pak Ridho meminta instalatir memasang instalasi, kemudian Bapak meminta kepada lembaga pemeriksa untuk memeriksa hasil kerja instalatir, jika pekerjaan instalatir ini sdh benar baik dari sisi kualitas material maupun dari sisi tehnis, maka Lemaga Pemeriksa akan mengeluarkan Sertifikat Laik Operasi yang intinya menyatakan bahwa instalasi listrik milik Pak Ridho apabila dialiri arus listrik sudah aman. Peraturan tentang tata cara pemasangan instalasi ada di Undang-undang No. 30 tahun 2009

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+