Skip to content →

5 Langkah Mudah Cara Perpanjang Pajak Motor Kredit Tanpa Calo

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Namanya orang Indonesia wajib kudu bayar pajak kan? Termasuk motor kreditan juga tetap harus bayar pajak. Jadi gini, saya bakal ceritain cara perpanjang pajak motor kredit, sayangnya saya belum pernah coba perpanjang pajak motor online. Prosesnya sih hampir sama sih dengan bayar pajak motor yang udah lunas, cuma beda dikit aja buat bayar pajak motor kreditan.

Nah, supaya kamu enggak salah, kecele atau bolak-balik lagi ke leasing dan samsat, mendingan baca dulu deh panduan lengkap ini. Sederhana banget kok, cuma butuh waktu aja buat bacanya. Yang penting bisa menghemat waktu juga supaya gak perlu izin ngantor gara-gara urusan perpanjang motor kredit…dit..dit.

Baca juga Cara Perpanjang Pajak Motor (5 Tahun)

Simak ya langkahnya cara perpanjang pajak motor kredit

pajakmotorkredit01

Nah, pertama datang deh pagi-pagi ke kantor leasing-nya. Kebetulan saya berada di wilayah Tangerang Selatan. Jadi, saya datang ke kantor FIF Group yang berada di Gaplek, Ciputat. Lokasinya ada di seberang kantor Pos Gaplek.

Jarak kantor samsat dari kantor leasing juga gak terlalu jauh sekitar 2 kilometer aja. Jadi bisa sekalian jalan. Berhubung saya baru pertama kali bayar pajak motor kredit, ternyata ada syarat yang harus dibawa.

Datang ke kantor leasing cukup bawa aja STNK motor yang akan dibayarkan pajaknya.

pajakmotorkredit03

Nah, di kantor ini ada dua nomor antrian. Satu untuk yang bayar cicilan kredit motor ( nomor antrian warna biru), satu lagi buat yang mau ke customer service (warna kuning).

Karena saya mau minta surat pengantar, jadi saya ambil yang warna kuning. Pas saya datang udah jam 9 lewat. Dapet antriannya nomor gede juga, 74. Lumayan lama nunggu antrian karena banyak juga yang mau ngurus panjak dan pengambilan BPKB.

pajakmotorkredit04

Setelah dipanggil oleh CS, kemudian saya menyerahkan STNK. Disini saya hanya menunjukkan saja STNK, tidak perlu fotokopinya.

Karena baru pertama kali jadi saya baru tahu kalau ada biayanya. Murah sih cuma 10 ribu rupiah aja. Tapi ya masak sih harus bayar juga? Kalau memang buat fotokopi masa sampai 10 ribu rupiah?

Katakan setiap hari ada 50 orang yang perpanjang pajak motor. 10 ribu rupiah kali 50 orang? 500 ribu rupiah kan? Coba dikalikan lagi dengan jumlah hari efektif 25 hari. Nah, sebulan, leasing ini udah dapat Rp12.500.000 buat surat pengantar doang.

Jadi, selama BPKB masih ada di pihak leasing, hal seperti ini pasti akan terus dilakukan sampai motor lunas. Untung banyak dong yak buat FIFGrup tiap perpanjangan pajak.

pajakmotorkredit05
memo dari leasing buat bayar ke kasir, setelah bayar nanti dapat kuitansinya kok

Nah, dari CS saya dikasih memo seperti ini. Kemudian bayar di kasirnya. Setelah bayar nanti kita dikasih kuitansinya. Setelah dapat kuitansi, ditunjukkan lagi ke CS. Lalu saya nunggu sampai dipanggil lagi sama CS.

Nah, nanti CS akan kasih kita surat pengantar dari leasing buat ke Samsat beserta fotokopi BPKB motor. Pastikan ada fotokopi dan surat pengantar yang sudah ditandatangani pihak leasing.

Langkah selanjutnya, cara perpanjang pajak motor kredit saat di Samsat

pajakmotorkredit06

Nah, cus setelah dari leasing, saya langsung ke Samsat Ciputat, kabarnya sekarang daerah Polda Metro sudah melayani Samsat Online lho, jadi pengurusan pajak motor online jadi lebih mudah.

Disini saya mulai gagap. Jadi, setelah ambil form di lantai dasar, saya langsung ke lantai satu. Harusnya sih bisa menyerahkan berkas langsung. Lantai 1 juga melayani loket denda motor yang mengalami keterlambatan membayar pajak.

Ternyata dari loket pendaftaran ini saya disuruh balik lagi ke bawah untuk minta stempel. Katanya khusus buat yang mau perpanjang pajak pakai dari leasing alias motornya masih kreditan.

Nah, usut punya usut ternyata ada biaya stempel atau legalisir kali ya sebesar 10 ribu rupiah. Tanpa Kuitansi loh!

Katakan setiap hari ada 50 orang yang perpanjang pajak motor. 10 ribu rupiah kali 50 orang? 500 ribu rupiah kan? Coba dikalikan lagi dengan jumlah hari efektif 25 hari. Nah, sebulan, Samsat ini udah dapat Rp12.500.000 buat stempel doang.

pajakmotorkredit08
Ini tanda stempelnya begini doang yang dibubuhkan di surat pengantar dari leasing

Nah, ini cem stempel sakti gitu deh. Udah dapat stempel, saya balik lagi ke lantai satu menyerahkan berkas di pendaftaran. Saat itu sih waktu sudah menunjukkan pukul 11.15. Padahal loket tutup pukul 12.00 siang khusus pelayanan hari Sabtu.

pajakmotorkredit09

Nah kalau sudah lolos verifikasi di loket pendaftaran, selanjutnya normal aja seperti bayar pajak pada umumnya. Kamu bisa baca cerita saya bayar pajak di tempat yang sama di link dibawah ini.

Cara menghitung pajak motor sebetulnya tinggal lihat saja STNK terakhir, kisaran biaya bayar pajak motor tidak berbeda jauh dengan yang tertera di STNK. Namun dengan kenaikan tarif STNK rasanya harus siapkan uang lebih ya.

Baca juga Cara Bayar Pajak Motor Tanpa Calo atau bisa baca ini juga Perpanjang Pajak STNK Hanya 45 Menit di Samsat Ciputat

pajakmotorkredit11

Mungkin karena suasana udah mau tutup, jadi pembayar pajak udah mulai berkurang. Resiko datang telat ya bisa gak selesai dalam 45 menit. Paling top bayar pajak disini bisa kurang dari 30 menit.

Waktu paling tepat sih ya hari Selasa, Rabu, Kamis tapi di pagi hari. Dijamin rada lowong. Beda dangan hari Sabtu diaman orang lagi banyak-banyaknya bayar pajak.

pajakmotorkredit12

Total sih ada lima loket yang dilewati untuk pembayaran pajak motor tahunan

  • Loket pengambilan form (lantai dasar)
  • Loket pendaftaran
  • Loket pengambilan notice (nota pembayaran pajak)
  • Loket Bank BJB
  • Loket pengambilan STNK

pajakmotorkredit16

Semua akan dipanggil berdasarkan form yang ditumpuk. Intinya pasang kuping dalam-dalam jangan sampai kelewatan nama kita.

Setelah pembayaran pajak kendaraan bermotor lunas dari bank BJB, tinggal tunggu di loket terakhir.

Nah, ini penting nih. Sebelum bayar jangan lupa bawa uang kecil, recehan 1.000, 5.000, 20.000.

Buat apa?

Supaya proses lebih cepat. Jadi, kasirnya enggak perlu repot balikin kembalian.

pajakmotorkredit19

Setelah mendapatkan penerbitan pajak baru, periksa lagi dengan seksama dan teliti. Jangan sampai KTP, STNK dan Pajaknya bedan nama.

Syarat berkas pembayaran pajak motor kredit

  • Surat pengantar dari leasing
  • Foto kopi BPKB dari leasing
  • KTP asli
  • STNK asli (Nama sesuai dengan KTP yang disertakan)
  • KTP dan STNK nanti di foto kopi, bisa di samsat bisa di tempat lain. Pakai map warna cokelat.

Total biaya pembayaran pajak motor kredit (Honda Vario 125cc Tahun 2015)

  • Surat pengantar dari Leasing Rp10.000,-
  • Stempel verifikasi loket form Rp10.000,-
  • Foto kopi di Samsat Rp5.000,-
  • Bayar pajak tahunan Rp221.000,-
  • Total Rp246.000,-

Jangan pernah bayar pajak motor melalui CALO

Anyway, sebetulnya leasing ada biro jasanya juga sih. Waktu di Customer Service saya ditarawin supaya ngurus pembayaran pajak lewat FIFGroup. Jasanya Rp60.000 dalam waktu empat hari kerja. Sempat mikir, kalau bikin sendiri pasti bisa bikin panduan cara perpanjang pajak motor kredit sendiri kan?

Berhubung hari itu juga pajak saya habis, makanya saya nolak secara halus. Tapi buat kamu yang memang gak punya waktu, bisa juga sih ngurus lewat biro jasa ini. Biar sekalian gitu maksudnya.

Gimana, sampai sini ada pertanyaan apa enggak?

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Published in Review

17 Comments

  1. Makasih infonya,
    Besok senin kayaknya harus segera di perpanjang nih.

  2. @qiya saya belum pernah coba sih,,,

  3. qiya qiya

    Katanya tanpa fc bpkb bisa langsung kesamsat tp bayar gocap, bener ga yaa

  4. @Edy thanks mas Edy semoga membantu

  5. Edy wae Edy wae

    Terinakasih Infonya ..anda memang super sekali semoga amal baik kamu mendapat imbalan yg berharga buat kamu…salam sehat

  6. @Akbar, makasih infonya gan

  7. AKBAR AKBAR

    CUKUP BAWA SIM DAN STNK AJA. GAK PERLU YANG LAIN. SEKARANG ONLINE DAN GAK RIBET SYARATNYA

  8. iya, dulu blm ada satgas saber… nanti klo masih begini tahun depan mo coba gw laporin hahaha

  9. desta desta

    ada pungli tuh pungutan liar segera laporkan. #revolusimental

  10. Beda tempat beda aturan kayanya
    saya dulu (2015) waktu masih kredit vixion bayar pajak tahunan cukup bawa ktp aja di gerai samsat yang ada di mall

  11. betul, klo subang masuknya kan Polda Jabar, klo tempat saya masuknya Polda Metro. Enaknya sih diseragamkan ya. Nasional gitu lah. Soalnya klo di luar negeri udah online.

  12. Tergantung Samsatnya juga kali ya. Kalo di Subang mah asal ada fotokopi Bpkb, gak perlu pake legalisir segala, udah bisa perpanjang seperti biasa. Makanya di tahun pertama nyicil, itu fotokopian Bpkb di FIF saya kopi lagi sampe 3 rangkap. Jd 2 tahun berikutnya gak ke FIF lagi.

    Btw, di Jabar mah sekarang lagi ada program bebas denda pajak sama biaya BBN

  13. Klo tahunnya sama, kayaknya sama deh gan ama motor ane. Iya, klo di FIF cabang gaplek jasa pengurusannya semua sama 60ribu.

  14. jeffry jeffry

    gan motor ane vario juga 2015 bulan november.. bayar pajaknya brp ya? trus kalo lewat fif bayar tetep 60rb jasanya?

  15. iya Dee, klo gak ada waktu memang lebih enak diurusin sama orang lain ehehe

  16. Aku waktu kemarin bayar pajak lewat leasing, karena malas bolak balik ke samsat :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *