Siapa sih yang gak suka jalan-jalan? Nah, kalau ada yang bilang Bogor itu tempatnya macet dan bikin kesel orang, ada kok Bogor bagian lain yang gak terlalu macet dan bisa wisata kuliner. Dimana lagi kalau bukan di pasar apung Ah Poong Sentul Bogor.

Lah, ini mah tinggal keluar dari tol Jagorawi. Dari Jakarta paling juga gak sampai 45 menit. Cuma ya emang agak sedikit tersendat di daerah Cibubur. Soalnya itu kan akses ke Cikeas. Kediamannya bapak mantan yang dua periode berkuasa.

Baca juga Inilah Kuliner Terbaik Sepanjang 2012

Selain menjadi sebuah kota wisata, Sentul juga biasanya dijadikan tempat meet up buat yang mau ke Curug Leuwi Hejo atau Curug-Curug lain di atasnya. Dijamin airnya masih bening-bening. Biasanya yang bawa mobil dan pakai jasa Tour Guide, meeting point-nya ada di Sentul City. Abis itu mereka ganti mobil lanjut naik lagi. Kadang ada juga yang bela-belain naik mobil bak.

Tapi, kali ini saya mau cerita aja ada apa sih di Ah Poong Sentul ini? Nah, saat jelang masuk pintu ada Masjid ala-ala di Turki gitu lah. Dengan kubahnya yang warna biru. Namanya aja masjid Andalusia STEI Tazkia. Lekat banget sama Ust. Syafii Antonio kalau gak salah. #cmiiw.

floating market ah poong sentul city bogor

Buat masuk ke pasar apung ini sih gratis. Ada taman bermain dengan beberapa ornamen patung dan robot ala Transformer. Sebetulnya ada juga alat-alat peraga IPTEK seperti di Taman Pintar atau Museum IPTEK TMII. Sayang waktu saya ke sini semua udah gak berfungsi dengan baik.

floating market ah poong sentul city bogor

Rata-rata yang berkunjung ke sini memang bermobil, tapi ada juga kok yang bermotor dengan tetap mengajak keluarga. Cuacanya kalau siang jelas panas. Bogor yang panas ya cuma di Sentul. Kalau Bogor di Taman Kota sih adem, soalnya banyak pepohonan.

Baca juga Keunikan Pasar Hewan Bondowoso, Jawa Timur

floating market ah poong sentul city bogor

Nah, patung raksasa yang sedang memegang kuda ini emang sering dijadikan tempat selfie. Entah apa tuh maksudnya si kuda sampe minta di sayang-sayang sama pemiliknya.

floating market ah poong sentul city bogor

Patung tinggi besar ala transformer inilah yang jadi idola di taman pasar apung Ah Poong Sentul. Meskipun dibangun dari barang bekas, tapi tampilannya benar-benar seperti robot Transformer. Patung Robot ini lumayan tinggi banget. Kira-kira 10 meter ada kali ya.

Jadi kalau ada yang bilang nabi Adam itu tingginya sekitar 10 meter, nah, kamu bisa datang ke sini nih supaya samain tinggi kamu sama patung ini. Kira-kira bisa ngegambarin tingginya antara manusia pertama di bumi dengan manusia masa kini.

floating market ah poong sentul city bogor

Nah, karena judulnya pasar Apung, tempat kulinernya emang berada di tengah-tengah kolam. Jadi untuk bisa ke Pasar Apungnya kita harus menyebrangi jembatan. Jembatan berwarna kuning dengan alas papan kayu ini juga bisa jadi tempat selfie yang asyik. Tapi sayang sih jarang sepi, soalnya ramai banget. Kecuali ada yang nahan dari kedua sisi hahaha.

floating market ah poong sentul city bogor

Sayang sih di bawahnya airnya keruh, coba aja kalau bening. Pasti lah makin banyak yang ke sini buat selfie-selfie.

floating market ah poong sentul city bogor

Nah, transaksi di Pasar Apung Ah Poong Sentul ini menggunakan kartu magnetic. Jadi, kalian yang mau ke sini harus deposit dulu. Ya, minimal 100rb lah. Rata-rata satu paket porsi makanan minimal antara 20rb sampai dengan 45rb.

Tenang aja, kalau masih ada sisa masih bisa di refund kok.Ya, kira-kira aja satu orang harus sediakan bujet sekitar 50rb untuk makan sama minum.

floating market ah poong sentul city bogor

Kuliner di sini beragam kok, bukan cuma dari daerah Bogor aja seperti asinan atau soto mie. Rasanya sih di sini semua lengkap, mulai dari Soto Betawi, Sate Madura, sampai Coto Makassar.

Baca juga Tips Makan Praktis di Floating Market Lembang Bandung

floating market ah poong sentul city bogor

Nah, saya sendiri karena udah lapar berat, pesan Konro Bakar khas Makassar. Wah, ini sih maknyus lah. Dagingnya lembut dan bumbu kacangnya juga enak. Pas di lidah.

floating market ah poong sentul city bogor

Fasilitas Pasar Apung Ah Poong Sentul sudah cukup lengkap kok. Ada ATM, Musholla, hingga toilet yang cukup memadai. Untuk urusan perut pokoknya dijamin tidak kelaparan, asal bawa uang aja ya bro. Kisaran harga di sini memang menengah ke atas. Jadi jangan harap ada kuliner yang di bawah 10rb.  Tapi kalau minuman sih ada.

Happy Weekend ya guys. Siapa tahu ada yang bingung tanggal tua begini mau ke mana. Halan-halan doang ke taman sambil bawa bekal juga rapopo kok. Bisa jadi salah satu alternatif tempat liburan bareng keluarga yang murah tapi tetap nyaman.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+