Iklan Viral TVC Ramayana Dept Store dan Realitas Kaum Urban Pinggiran

Awal Ramadan lalu saya dikejutkan dengan iklan viral dari Ramayana Department Store di Youtube. Karena kerjaan saya tiap hari online jadi awalnya saya memang mengetahui iklan ini melalui media sosial. Dengan konsep yang kekinian dan ala ala youtuber, dalam beberapa saat iklan ini langsung menjadi viral.

Apa yang mendasari hingga iklan ini menjadi viral? Saya akan mengulasnya dari beberapa aspek saja.

Konsep Segar dan Lucu

Sedikit melawan arus dari iklan Ramadan lain yang menyasar kaum melankolis dan mudah baper, iklan viral Ramayana ini justru mengambil dari sudut pandang yang berbeda. Iklan ini bisa dikatakan lucu dan alur ceritanya tidak mudah ditebak, pada mulanya.

Siapa yang menyangka jika gadis cantik di dalam tvc itu adalah seorang mbak jamu. Dan siapa yang menyangka jika mas-mas wajah songong itu ternyata tukang nasi goreng.

Baca juga Warung Nasi Atas AlFath BSD

Pesan Jelas

Pesan yang ingin disampaikan tvc ini benar-benar jelas terlihat dari konten maupun slogan yang mereka gunakan. Keren hak segala bangsa. Begitu kira-kira tema yang diusung.

Pencitraan dalam video memang cukup tersampaikan. Kalangan menengah bawah pun bisa gaya kok dengan pakaian yang pas dan tepat. Sempat kepikiran sih, bener juga yah, gimanapun orangnya kalau pakaiannya pas, pasti akan enak dilihat.

Baju dan aksesoris yang kekinian

Pasti semua sudah dikonsep dengan matang untuk membuat sebuah iklan viral seperti ini. Pemilihan baju, pernak-pernik hingga aksesoris benar-benar dicitrakan merupakan gaya yang kekinian. Mulai dari topi, kalung rantai, kacamata hingga sepatu keren yang mungkin tidak pernah mungkin digunakan mbok jamu saat menjajakan jamunya.

Inilah pesan yang saya rasa cukup masuk akal dan tanpa membenturkan akal sehat terlalu dalam. Semua bisa menerima bahwa dengan sedikit gaya, semua orang bisa tampil beda.

Kritik

Namun ada hal yang mebuat saya merasa sedikit terganggu dengan model perempuannya. Model perempuannya ini termasuk cantik menurut pendapat saya. Benar, stereotype perempuan cantik sangat kentara di iklan ini. Maaf, sepanjang pengetahuan saya memang agak jarang ya lihat bakul jamu dengan kulit putih bersih seperti ini hehehe.

iklan viral
Tampilan sebelum dandan
iklan viral 1
tampilan sesudah dandan

Namun saya paham bahwa sosok perempuan dalam sebuah iklan tidak boleh dicitrakan tidak cantik. Dengan kata lain ya harus cantik. Alasan yang bisa diterima sebetulnya tapi sedikit menganggu akal sehat saya hahaha.

Orang cakep mah mau pake baju apa aja pasti kelihatan cakep. ~ kata orang-orang

Sejauh ini baru iklan viral Ramayana yang terlihat berbeda dan menjadi perbincangan banyak orang. Meskipun di kampung saya di Pamulang, Ramayana sudah tutup. Mungkin karena menurunnya omzet.

Iklan Viral Khas Indonesia

Para agency dan insan periklanan mungkin harus bisa memberikan dobrakan yang berbeda seperti yang dilakukan Ramayana. Iklan yang baik tidak harus berkiblat pada iklan inspiratif ala asuransi Thailand saja. Saya yakin masyarakat Indonesia akan lebih mudah menerima jika materi iklan itu diambil dari keseharian masyarakat yang ditemui sehari-hari.

Dua tokoh dalam iklan Ramayana ini adalah seorang penjual nasi goreng dan bakul jamu. Saya pikir mereka berdua sudah merefleksikan ke Indonesiaannya.

Iklan ini sekaligus mencitrakan kaum urban yang pas-pasan tapi ingin bergaya ala-ala kaum borjuis. Mudah-mudahan sih tidak sampai berutang ya 😀

Bayangkan saja berapa sih sekarang sepatu Nike paling murah. Di marketplace atau online shop rata-rata sepatu Nike original itu diatas 500 rb. Sedangkan yang KW bisa dapat dengan harga setengahnya.

Untuk pakaian saya rasa masih affordable lah. Rentang harga baju antara 75 rb sampai dengan 100 rb menurut saya masih masuk akal.

Nah, gimana para pembaca yang budiman. Sudah siapkah Anda dengan baju baru menyambut lebaran?

Berikut videonya

Ternyata ada lomba videonya gan 😀

Ini persyaratan Ramayana Video Competition:

Dibalik tangan cantiknya yang penuh teka teki, kamu pikir dia lagi mau masak cantik atau mungkin lagi bikin video klip seperti raisa? Jangan heran gitu dong! Gak taunya dia tukang tambal yang lagi mau ikutan video competition #KERENHAKSEGALABANGSA

Kalau kalian juga merasa keren, yuk ikutan kompetisinya. Banyak banget hadiah-hadiah yang gak bisa kamu tolak, nih caranya buat ikutan :

  1. Tonton video Ramayana #KERENHAKSEGALABANGSA di bit.ly/sayaramayana
  2. Buat video apapun tentang tema “Keren Hak Segala Bangsa” versi kamu. Tunjukin kalo keren itu adalah hak siapa pun. (Video boleh comedy, art/stop motion, dan apapun)
  3. Upload ke instagram menggunakan hashstag #IVGchallenge #KERENHAKSEGALABANGSA #SayaRamayana #IVGRamayana lalu mention ke @indovidgram dan @ramayanadepstore
  4. Video diharuskan tidak mengandung SARA, agama, pornografi, disarankan tentang hal positif dari video #KERENHAKSEGALABANGSA di Youtube

Hadiahnya:

  1. Canon gx7 – voucher belanja ramayana 500rb
  2. Go pro hero4 – voucher belanja ramayana 500rb
  3. Xiaomi – voucher belanja ramayana 500rb

Dan jangan lupa belanja dulu sebelom bikin videonya ke @ramayanagomart.
Kita tungguin nih, video keren versi kalian!

*bukan pesan sponsor

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+

20 Replies to “Iklan Viral TVC Ramayana Dept Store dan Realitas Kaum Urban Pinggiran”

  1. HAhaha…baca postingan blognya jadi penasaran sama iklannya. Dan asli pas nge klik iklannya jadi ngikik sendiri Pintar juga yang bikin iklannya. Dari baju bisa bikin pencitraan seseorang meningkat. Itu pas belum lihat tayangan akhir yang ternyata mbak jamu dan penjual nasgor.

  2. Wkwkwkw aku ngakak karena baca bukan pesan sponsor.

    Memang Ramayana kayaknya lagi switch ke digital marketing. Dia kayaknya nyadar segmen digital ngga bisa diremehkan, makanya kasian ya sampe tutup tokonya.

    Tapi iklannya kerennn, realita banget ^^. Sukaaa

    1. iya, Ramayana tempat gw bukanya seminggu sebelum lebaran aja keknya bikin bazzar gitu. Sayang sih bangunannya. Udh kalah pamor sama Mall di BSD dan sekitarnya. Ada sih yang masih bertahan di Ciputat.

      Iklannya keren-keren, ada yang versi di terminal sama metro mini juga loh

      1. suka deh sama videonya, kreatif banget, aku mau jadi modelnya Ramayana klo konsepnya kaya gitu hihi, iya Ramayana di tempatku agak banyak, tapi kalah saing sama yang lain karena terlalu banyak mall, sukses terus untuk ramayana

        1. sekarang makin banyak market place, ini mungkin efeknya sesaat aja. klo gak ada inovasi dari Ramayana misalnya kyk mataharimall lama-lama bisa bangkrut juga nih Ramayana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *