Jujur, selama saya ngeblog pake WordPress, saya ngga pernah menggunakan jasa SEO murah. Buat saya, SEO itu sebetulnya sangat gampang dipelajari, apalagi sekarang ada plugins di WordPress yang membantu kamu menerapkan strategi SEO.

Jika ada yang bertanya, apa itu SEO?

Mengutip penjelasan Google, SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer”. Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs Anda.

Gimana bingung kan bacanya?

Gini deh penjelasan sederhana. SEO itu ngebantu agar postingan kita berada di peringkat pertama pada situs pencarian google. Ya, minimal masuk halaman satu lah, itu bagus banget. Apalagi kalau keywordnya memiliki tingkat kompetisi yang tinggi.

Makanya banyak yang bela belain menggunakan jasa SEO murah demi mendapatkan peringkat tertinggi di dalam situs pencarian google. Sekarang SEO ada harganya bro! Bahkan jadi profesi menjanjikan. Misalnya SEO writer atau SEO specialist.

Kenapa harus masuk halaman satu atau rangking satu pencarian google?

Alasannya karena blog kita butuh traffic. Bener kan? Ada gak blog yang gak butuh traffic? Traffic yang paling bisa diandalkan ya apa lagi kalau bukan lewat situs pencarian google.

Bisa aja sih cari traffic dari sosial media. Tapi kalau kalau follower kita sedikit, ya susah juga cari traffic yang banyak. Kecuali jika kamu sudah bisa membuat konten viral yang bisa mendatangkan ribuan traffic perharinya.

Nah, SEO itu adalah salah satu cara untuk mendatangkan traffic dengan harga murah meskipun usaha yang dilakukannya tidak mudah. Makanya ada profesi SEO Specialist di beberapa perusahaan digital. Mereka biasanya bergabung dalam tim Digital Marketing spesialis organic traffic dan juga link building.

Itulah pentingnya SEO dalam mendatangkan trafik, makanya banyak bermunculan agen-agen jasa SEO murah meskipun harganya gak murah-murah amat sih, biasanya tergantung keyword yang akan ditembak atau jadi targetnya. Semakin tinggi tingkat kompetisinya, maka harganya juga akan semakin mahal.

Cara sederhana sih beberapa digital agency dan perusahaan digital malah bikin SEO Competition, tapi sebetulnya SEO Competition seperti itu yang bahaya. Google kan gak bodoh kayak dulu, sekarang doi berkembang dan semakin mempelajari trik-trik master SEO dan juga para agen jasa SEO murah.

Buat blogger yang gak punya SEO specialist harusnya sih tahu itu seperti apa. Buat ngertiin apa itu SEO nggak perlu belajar terlalu lama apalagi terlalu mendalam. Cara mudah belajar SEO cukup aja pakai plugin YOAST di WordPress.

strategi seo yoast wordpress

analisa yoast tentang postingan yang sedang kamu baca

Buat yang gak pakai CMS WordPress, beberapa ulasan ini mungkin bisa banget ngebantu kamu menerapkan strategi SEO di postingan blog kamu.

1. Keyword dalam Title

Salah satu yang utama dalam SEO adalah mencantumkan keyword di dalam title atau judul postingan. Nah, ini tricky banget dan mendasar banget. Kamu harus bikin judul postingan yang menarik minat audience sekaligus menggunakan keyword yang memang dijadikan target.

Judul pun tidak boleh terlalu panjang-panjang. Nanti Googlnya juga bingung ini, postingan apa curhatan eaaa.

2. Keyword dalam URL page

Langkah kedua adalah jangan lupa mencantumkan keyword dalam url page atau postingan. Biasanya url tidak terlalu panjang, cukupkan cantumkan keywordnya saja.

Tapi kelemahannya kalau kamu cuma mencantumkan keywordnya saja, ini bakal ngasih keuntungan buat orang lain, karena mereka bisa langsung mengetahui keyword yang kamu gunakan.

Cari keyword yang bagus juga ada ilmunya lho. Itulah makanya keyword dalam dunia blogging termasuk salah satu data yang berharga selain traffic. Kalau saya sih biasanya langsung tulis aja keywordnya.

Urusan ditiru atau enggak sih hati saya udah berdamai dengan hal seperti itu. Kalau ternyata keywordnya ngasih manfaat buat orang lain kenapa kita harus merasa rugi. Anggap aja sedekah. Ya kan?

4. Meta Description 156 Karakter Mengandung Keyword

Meta description adalah lead atau penjelasan singkat yang muncul dalam situs pencarian Google. Jika kamu tidak mengisi Meta description biasanya Google akan mengambil 156 karakter pertama dalam paragraf pertama.

Triknya gunakan Meta description yang memang membuat audiens penasaran. Meskipun postingan kamu muncul di halaman pertama tapi ternyata tidak menjadikan audiens berkunjung kamu artinya conversion rate-nya rendah.

Kalau di dalam Google Search console kamu bisa tahu keywords apa saja yang impresinya tinggi namun CTRnya rendah. Meskipun impresinya tinggi tapi kunjungannya sedikit berarti CTRnya rendah. Tingkatkan CTR dengan menuliskan meta description yang mengundang audience penasaran dengan postingannya.

4. Keyword di Paragraf Pertama

Menempatkan keyword pada paragraf pertama sangat penting.  Keyword pada paragraf pertama juga  biasanya langsung digunakan oleh sistem sebagai Meta description.  Jadi, sebaiknya dilengkapi deskripsinya, namun jika terlewat tidak perlu khawatir karena sudah ada keyword yang tercantum pada paragraf pertama.

Namun perlu diingat, tidak perlu menampilkan keyword lebih dari satu kali pada pada  paragraf pertama.  Biasanya dalam satu paragraf hanya ada tiga sampai empat kalimat.  Paling bagus tempatkan keyword di kalimat pertama.

5. Keyword Density 2.5 %

Keyword density adalah kerapatan keyword dalam semua artikel.  Dalam Yoast ada aturan bahwa keyword  tidak boleh lebih dari 2,5%.  Secara sederhana jika kamu menulis 300 kata dalam sebuah artikel, artinya kamu tidak boleh mencantumkan keyword yang sama lebih dari 7 Kali.

Lalu apa yang terjadi jika kamu melanggar aturan keyword density?

Secara sederhana Google akan menganalisa melalui robotnya. Semakin banyak keyword yang dicantumkan dan melebihi batas, bisa saja Google menganggap adalah spamming. Jangan sampe kecele, karena tidak semua jasa SEO murah paham tentang hal ini.

Yoast memiliki alasan mengapa hanya membatasi 2,5%, karena Yoast sadar jika over keyword akan menjadi tidak berguna nantinya, karena dianggap spamming dan sulit untuk bisa masuk ke halaman satu google.

6. Keyword pada Heading 2

Untuk bisa lebih memaksimalkan keyword, Yoast menganjurkan untuk memasang satu keyword atau lebih dalam heading dua. Heading dua adalah subtitle. Kamu harus bisa membedakan mana heading 1 dan mana heading 2.

Heading satu biasanya judul postingan. Sedangkan heading dua adalah sub judul yang bisa beranak pinak. Dalam sebuah postingan listicle, masukanlah salah satu keyword dalam salah satu listnya entah itu di awal, di tengah atau di akhir listicle.

7. Outbound Link

Pertanyaannya mengapa kita harus memberikan eksternal link pada salah satu situs lain? Pertanyaan itu bisa dijawab dengan logika mengapa kita harus memberikan sedekah!

Tidak sepenuhnya harus selalu menerima, begitu juga dalam SEO. Kamu tidak boleh berpikir bahwa harus kamu yang selalu untung. Tapi kamu juga harus berpikir bahwa harus memberikan sesuatu pada orang lain.

Aturan eksternal di ada dua. Pertama kamu memberikan linking juice kepada dan situs yang dituju. Untuk job-job konten placement biasanya membutuhkan Link do-follow. Alasan itulah mengapa blogger dibayar dalam project content placement.

Namun jika kamu memang tidak berniat untuk memberikan linking juice tapi kamu ingin berterima kasih bahwa kamu mendapatkan ilmu atau insight dari situs lain, kamu bisa memberikan Link no-follow.

Sebetulnya Google sudah memberikan aturan tertulis, jika seorang blogger mendapatkan proyek sponsor lewat konten, maka sebaiknya outbound link tersebut dipasang nofollow dan bukan dofollow. Ini juga yang harus dipahami para pemberi job.

Outbound Link dofollow sangat diperlukan untuk meningkatkan domain authority atau page authority. Semakin tinggi skor DA/PA-nya maka akan semakin tinggi pula kualitasnya dimata Google. Itu juga yang akan membuat postingan kamu semakin cepat terindex dan bisa masuk ke halaman pertama atau bahkan rangking pertama pencarian Google.

Kalau skor DA/PA blog kamu tinggi maka backlink dari blog kamu juga nilainya sangat tinggi. Ini yang dijual dari sebuah blog. Bukan sekadar traffic semata tapi juga peringkat dan kualitas linking juice yang bisa didapatkan dari blog kita sendiri.

Jadi sudah paham kan apa manfaatnya dan kegunaan outbound Link?

Tak harus memberikan link ke situs saja kok, kamu bisa memberikan external link ke sosial media kamu sendiri seperti Instagram, Facebook Page, dan Twitter. Namun, jika ada konten yang lebih relevan akan semakin baik.

8. Internal Link 3-7 Saja

Selain outbound link, kamu juga perlu memberikan internal link. Kamu bisa memberikan internal link dengan menautkan postingan-postingan lama yang temanya relevan dengan postingan yang sedang dikerjakan.

Jika temanya semakin berhubungan maka kualitasnya pun akan semakin baik. Postingan lama akan ikut terangkat juga, bukan hanya dari skornya saja tetapi juga kadang-kadang dari trafficnya juga.

Ada baiknya juga mengupdate artikel lama dengan menautkan artikel baru. Jadi istilahnya ada saling keterkaitan yang erat antara postingan lama dengan postingan baru.

9. Keyword Belum Pernah Digunakan

Yoast bisa mendeteksi apakah keyword yang kamu gunakan itu sudah pernah digunakan postingan lain atau belum (dalam blog yang sama). Jika keyword yang kamu gunakan ternyata sama dengan postingan sebelumnya, maka kamu harus menentukan mana yang sebaiknya postingan yang menggunakan keyword tersebut. Apakah postingan pertama atau postingan yang kedua yang tentunya akan lebih lengkap informasinya

10. Gambar Mengandung Keyword

Dalam SEO bukan hanya postingan saja yang dioptimasi, melainkan gambar juga bisa dioptimasi. Dalam pencarian Google biasanya masih banyak pengguna Google yang mencari gambar-gambar yang relevan, misalnya dengan berita atau keyword yang sedang trending saat ini.

contoh optimasi gambar dalam wordpress

contoh optimasi gambar dalam wordpress

Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah jangan lupa mencantumkan keyword dalam salah satu alternatif teks gambar. Biasanya ada 4 kolom dalam image di CMS WordPress, antara lain judul gambar, caption, alternative text dan description.

Semakin lengkap maka akan semakin baik untuk optimasi SEO gambar dalam postingan. Kadang-kadang salah satu postingan, trafficnya bisa datang dari pencarian images di Google.

11. Panjang Judul Tidak Lebih dari 7 Kata

Sebaiknya tidak menggunakan judul yang terlalu panjang, meskipun kadang-kadang situs-situs anak yang sedikit alay masih menggunakan judul yang sangat panjang bahkan bisa sampai menjadi dua kalimat. Selain tidak efektif, Google pun tidak akan menampilkan judul yang panjang dalam situs pencarian Google.

Saya jadi ingat saran dari Kang Pepih, satu folder kompasiana.com, yang juga merupakan jurnalis Kompas cetak. Tips untuk membuat judul agar tidak lebih dari 7 kata. Saya setuju dengan yang disarankan oleh Kang Pepih karena 7 kata itu sudah cukup efektif dalam situs pencarian Google.

12. Postingan Minimal 300 Kata

Yoast memiliki suggestions batasan berapa banyak kata yang harus diproduksi dalam satu buah postingan. Disarankan 300 kata lebih. Namun beberapa pakar review dan juga blogger-blogger rata-rata punya pendapat yang sama yaitu menyarankan satu postingan itu lebih dari 1000 kata.

Alasannya karena postingan yang lebih dari 1000 kata itu akan lebih mudah terindex oleh pencarian Google. Selain itu 300 kata terlalu untuk menyampaikan sebuah informasi. Namun bukan berarti postingan 300 kata itu tidak bisa terindex ya. Kalau informasinya menjawab apa yang dicari oleh audience dan lebih memuaskan kadang Google akan menempatkannya pada peringkat pertama pencarian. Jadi, kuantitas tidak menjamin kualitas juga.

Google Makin Cerdas, Waspada jasa SEO murah!

Namun, alogaritma Google saat ini sudah semakin cerdas. Bukan berarti bahwa 300 kata itu tidak bisa tampil di halaman pertama atau bahkan rangking pertama. Faktanya, dari beberapa studi kasus yang ada, hampir sekitar 90% lebih postingan yang berada di rangking pertama itu rata-rata memiliki kata lebih dari 1.000 kata.

Itulah tips dari saya bagaimana cara menggunakan plugin yoast dalam CMS WordPress. Kamu tidak perlukan jasa SEO murah yang sebetulnya tidak murah. Kamu bisa belajar menggunakan panduan dari YOAST. Yoast akan memberitahukan ketika postingan kamu sudah sesuai dengan aturan atau saran-saran yang diberikan.

Yoast akan memberikan tanda (autocheck) jika postingan kamu memiliki nilai SEO yang cukup tinggi, ada indikator warna hijau. Namun jika nilainya masih berwarna orange, artinya kamu disarankan untuk meningkatkan kembali optimasi, sesuai dengan daftar yang telah saya jelaskan satu persatu.

Beberapa contoh studi kasus, postingan yang mendapatkan peringkat tinggi di halaman pencarian google dengan menggunakan saran dari Yoast

strategi seo dzulfikaralala

ranking satu dalam pencarian google dengan keyword “kopi kuat cni”

strategi seo dzulfikaralala

ranking satu dengan keyword “kirim uang lewat alfamart”

strategi-seo-dzulfikaralala-azerbaijan

ranking dua keyword “fakta azerbaijan”

Untuk melakukan pengecekan gunakan mode safe browsing atau incognito pada browser kamu agar pencarian tidak dipengaruhi cookies atau history browser. Peringkat kadang memang tidak 100% akurat namun pasti tidak berbeda jauh dengan yang sudah saya SS ini.

Apakah postingan ini cukup bermanfaat? Berikan rating kamu!
Reader Rating 0 Votes
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+