Skip to content →

3 Langkah Mudah Kirim Uang Lewat Alfamart

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Salah satu adik saya kini ada yang kuliah lagi di Jakarta. Nah, kebetulan waktu itu saya bingung mau kirim uang ke dia yang belum punya rekening. Ternyata saya baru tahu kalau bisa kirim uang lewat alfamart. Prosesnya juga mudah tanpa antre panjang di bank.

Biasanya memang saya transfer uang lewat atm atau lewat teller di bank. Itupun setelah tahu nomor rekening yang dituju. Awalnya saya tahu karena browsing juga. Jadi di salah satu postingan ada yang kecopetan di pelabuhan dan butuh uang cash segera.

Baca juga 5 Peluang Usaha Bagi Anak Kos

Nah, ternyata di pelabuhan tersebut ada minimarket. Kenapa harus lewat minimarket? Sebetulnya cara konvensional kirim uang tanpa rekening bisa menggunakan wesel pos. Tapi teknologinya udah kalah dengan pengiriman lewat rekening bank.

Apalagi sekarang jumlah minimarket lebih banyak dibandingkan dengan keberadaan kantor pos. Memang sih ada mobil pos yang bisa keliling tapi jumlahnya sangat terbatas. Belum lagi dengan kendala jam buka kantor pos yang mengikuti jam kerja. Beda dengan minimarket yang kadang bisa buka 24 jam.

Singkat cerita, korban yang kecopetan di pelabuhan tersebut bisa mendapatkan uang setelah temannya transfer lewat alfamart. Prosesnya cukup mudah. Kalau kamu juga punya kendala yang sama bisa langsung datang ke alfamart terdekat.

Baca juga Heran, 3 Kali Makan Disini Kok Cuma 7 Ribu?

Syarat kirim uang lewat alfamart

  • KTP pengirim
  • No handphone pengirim uang
  • No handphone penerima uang
  • Uang yang akan dikirimkan

cara-kirim-uang-lewat-alfamart

Setelah semua syarat lengkap, saya lalu mendatangi salah satu alfamart di dekat kantor saya. Tinggal nyeberang aja. Apalagi ada tiga minimarket juga di sekitar kantor saya di Jakarta Barat.

Setelah bilang ke penjaga tokonya, kemudian saya dilayani sama seorang penjaga tokonya. Dia langsung meminta syarat-syarat yang diminta.

Saya langsung sigap memberikan KTP saya. Kemudian dia mencatatnya pada sebuah lembar formulir. Nah, biasanya slip setoran seperti ini kalau di bank, harus nasabah yang mengisi sendiri. Sedangkan di alfamart, penjaga tokonya yang akan mengisi lembar formulirnya.

Baca juga Bakso Urat enak di Pamulang

Setelah semua data lengkap, saya diminta nomor handphone penerima uang. Beberapa cabang ada yang memberikan notifikasi lewat sms. Tapi di cabang yang saya datangi ini hanya memberikan secarik kertas.

Jangan lupa kirim kode penarikan ke orang yang akan menerima uang. Saya hanya tinggal foto bukti resi ini dan kirim menggunakan whatsapp ke adik saya.

Tapi bisa juga sih sms kodenya aja. Khawatir penerima tidak punya paket data jadi gak bisa buka whatsapp, apalagi buka gambar yang dikirimkan.

cara-kirim-uang-lewat-alfamart-1

Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart

Seperti di bank, ada biaya admin yang harus di bayarkan. Tapi ada juga sih bank yang tidak menarik biaya admin. Kecuali kalau transfer antar bank biasanya dikenai biaya admin sekitar Rp10 ribu.

Nah, sedangkan biaya admin kirim uang lewat alfamart untuk sejumlah uang Rp600 ribu, dikenai biaya Rp15 ribu. Saya kurang paham apakah biayanya lebih besar jika nominal yang dikirimkan juga lebih banyak.

Kelebihan Kirim Uang Lewat Alfamart

  • Bebas antrian pada jam tertentu
  • Buka 24 jam untuk cabang tertentu
  • Proses mudah dan cepat
  • Bisa dicairkan di cabang alfamart mana saja di seluruh Indonesia
  • Syarat mudah tanpa nomor rekening atau atm

Kekurangan Kirim Uang Lewat Alfamart

  • Biaya administrasi lebih mahal dibandingkan pengiriman lewat bank atau atm

Nah, itu sih pengalaman saya kirm uang lewat alfamart. Prosesnya yang sama juga bisa dilakukan di indomaret. Sepengetahuan saya mereka kerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi sehingga bisa menggunakan jasa pengiriman uang yang terverifikasi oleh Bank Indonesia.

Nah, cara mengambil uang yang dikirim lewat alfamart juga sangat mudah kok. Adik saya tinggal mendatangi cabang alfamart terdekat, kemudian dia hanya tinggal menunjukkan kode penarikan ke kasir atau penjaga tokonya.

Well, semoga bermanfaat ya. Kalau kamu merasa postingan ini bermanfaat, boleh dong bantuannya di share lewat facebook kamu atau social media yang kamu miliki.

Kalau ada pertanyaan tentang cara kirim uang lewat alfamart ini, kamu bisa kirim pertanyaan lewat komentar di bawah ini.

Catatan:

Ternyata ada teman fb saya yang punya pengalaman kirim uang dari Kota Bandung ke Sumedang. Jumlahnya sekitar 2 juta rupiah. Nah, menurut pengalamannya uang malah baru bisa diambil saat kas ditambah pada hari Senin.

Jadi, sekedar saran, untuk jumlah yang lebih besar sebaiknya diambil pada hari kas ditambah yaitu hari Senin. Karena uang kas masing-masing cabang pasti jumlahnya berbeda terutama antara cabang yang ada di kota dan di desa.

Buat yang punya kendala baik cara berkirim uang atau cara menerima uang lewat alfamart bisa melayangkan keluhan seperti informasi yang tertera berikut ini ya guys, Semoga membantu.

Baca juga Mau Coba Bakso Beranak?

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Published in Review

65 Comments

  1. Iya dik Annisa, jauh dekat tetap 15 ribu

  2. Neli Annisa Neli Annisa

    Kalo jauh maupun deket tetep biayanya 15rb ya kak?

  3. Neli Annisa Neli Annisa

    Kalo jauh maupun deket tetep biayanya 15rb ya kak?

  4. @tiara setahu saya gak bisa, harus sesama alfamart. krn bisnisnya beda. tp klo mau coba bisa ditanyakan ke kasirnya.

  5. Tiara Andini Tiara Andini

    ka? kalo nerima uangnya lewat alfamidi bisa ga?

  6. Bebas mas, selama itu cabang Alfamart resemi, Anda bisa mengambil uangnya yang sudah ditransfer. Tinggal bilang saja mau mencairkan uang dan bawa bukti KTP dan nomor registrasi pengiriman. Biasanya ada sms pemberitahuan mas. Bukti SMS aja sudah cukup.

  7. Muhammad Hasan Muhammad Hasan

    Saya baru az mengirim uang melalui alfamart,,,pertanyaan sy bagaimana cara’y kita mengetahui di cabang alfamart mana kiriman kita di ambil

  8. Muhammad Hasan Muhammad Hasan

    Bagaimana cara nya kita mengetahui di cabang alfa mana kiriman uang kita di ambil?

  9. @Faiz gak bisa om, coba dibaca lagi dengan seksama artikelnya

  10. Kalau ke rek Bank BRI/BCA bisa Ga? Dan langsung masuk ga

  11. @karjuli alasannya gak bisa diambil kenapa ya? bisa diperjelas? mungkin nanti saya bisa bantu laporkan ke alfanya.

  12. @risma tinggal bilang aja mau transfer uang, klo perlu tunjukin artikel ini ke kasirnya. Inget ya, gak ada biaya apun selain 15 ribu biaya transfer. ngambilnya pun gak perlu bayar lagi.

  13. @iful mungkin bisa coba pas agak malam atau pagian saat server tidak sibuk gan

  14. Karjuli Karjuli

    Sayah kemarin habis ngirim uang buat ibu sayah d kampung tapi gk bisa d ambil sampe sekarang gimana caran

  15. risma risma

    Cara ngomong ke alfanya gimana ya? Saya masih bingung karna saya belum pnya KTP

  16. iful iful

    Kadang sy jengkel dgn servef yg mereka gunakan, sering banget gangguannya.
    Padahal kalau beli pulsa lancar2 aja.

  17. @mpri, wah kalau masih takut ditipu mendingan jangan deh ya klo masih ragu. klo saya nulis ini berdasarkan pengalaman pribadi aja sih. Gak kurang gak lebih.

  18. mpri mpri

    Sayah bingung Takut Di tipu atau di usilin oleh pegawai Alfa… solusinya kawan

  19. @uyep selama alfanya buka tetap bisa transfer uang kok

  20. @agatha gak bisa, ini cuma buat transfer sesama alfamart aja.

  21. agatha agatha

    Klo ngirim uang dri alfamart ke bank BCA BRI atau lain nya bsa gak?

  22. uyep suhendi uyep suhendi

    saya mau transfer uang ke no rek istri saya tapi kebetulan hari ini tanggal merah kalo di alfamart bisa gak kalo bisa gimana caranya kasih infonya

  23. Sabar bro, coba komplen lewat twitter alfamart. Bohong banget ada biaya admin penarikan. Itu namanya oknum. Coba sini ente ngambil di cabang mana. Siapa kasirnya, sini kita proses ke atas langsung.

    Adik ane ngambil gak pake biaya admin. Klo ada biaya admin penarikan pasti ane tulis gan.

  24. ade ade

    saya kirim dari subang215000. dengan maksud supaya penerima bisa ngambil200. tapi kenyataab nya masih potong biaya admin. jadi,istri saya cuma bisa ngambil 185000. bilang dong,kalo penarikan dikenakan biaya admin.30rb pake biaya admin mending buat bensin 10rb. kirim langsung nyampe. kecewa

  25. @Saridirgasari lebih baik pakai KTP asli bukan fotokopinya. Tp kalau mau coba ya monggo tanya langsung sama kasirnya yak.

  26. @Sherinadelia boleh asal ada identitas lain

  27. Sari dirgasari Sari dirgasari

    Kalo mau ngambil uang di alfamart pake fhotocopy ktp bs ga

  28. Sherin adelia Sherin adelia

    Kalo gak pake ktp bisa gak?

  29. @imam gak bisa om, hanya sesama alfamart atau indomaret aja. Begitu juga gak bisa transfer dr indomart ke alfamart.

  30. imam akbar imam akbar

    itu bisa di transfer ke bank gak ?

  31. @sidik Coba lewat indomaret lur, prosesnya sama aja kok. Kalo gak bisa juga lewat pos aja lebih terjangkau kalau ke daerah. Di pos bisa pakai westren union. sama lah kayak wesel gitu tp diambil di kantor posnya langsung.

  32. Sidik Sidik

    Lur ane kan ngirimin uang dari depok buat ade ane yg di sampit lur tapi kata kasir ataupun spv alfa sampit nya masih belum bisa lur jaringa nya masih pake modem biasa katanya masih sering gagal lur mohon pencerahan nya lur

  33. @syukriuatussolehah boleh, yang penting ada identitas aja sih dek. Klo mau coba bisa apa enggak bisa langsung tanya ke kasir alfamartnya ya dek. Semoga berhasil. Jangan lupa baca bismillah.

  34. syukriuatus solehah syukriuatus solehah

    Klo KTP nya diganti pake NISN boleh gk ?
    Trus klo peke KTP orang tua itu boleh gk ?

  35. syukriuatus solehah syukriuatus solehah

    kak klo pake KTP orang tua boleh gk kak ?

    kak klo KTP nya diganti make NISN bisa gk ?

  36. oh gitu maksudnya. bisa aja klo dr pengirim. klo dari penerima kan harus di verifikasi saat pengambilan.

    Untuk biaya transfernya 15 ribu aja. Btw klo mau order artikel ke saya aja hahaha,,, udh terbukti SEO banget kan? hahaha…

  37. Saya masih umur 15 tahun gan… Gak punya kartu pelajar…. Saya ingin membeli artikel untuk blog saya.. Tapi orangnya jauh di tulungagung jawa tengah… Nah bisakah saya mengirim uang lewat alfamart dengan menggunakan KTP orang tua saya? Dan berapa biaya transferinya?

  38. Kartu pelajar boleh kok, asal Identitasnya jelas aja ya 😉

  39. Muhamad Difa A Muhamad Difa A

    Kalau pake kartu pelajar boleh gk

  40. ayip ayip

    Brpa ya biaya admin nya…?????
    Trus klo penerima nya mw ambil apa persyaratan nya…

  41. @Arif intinya harus sesuai dengan nama yang dituju, klo KTP orang yang berbeda ya udah pasti gak bisa mas. Kecuali di resi pengiriman memang sudah ditujukan untuk KTP kakaknya mas.

  42. Arif Arif

    Kalo pake ktp kaka saya bisa ga ya?

  43. @hadani dibaca yang teliti ya, udah saya cantumkan kok biayanya

  44. hadani hadani

    biayanya brapa?

  45. Cukup pakai kode MTCN aja. Biasanya nanti akan dikirim ke penerima kodenyanya. Pengirim juga dapat smsnya. Jgn lupa bawa KTP juga ya

  46. Aaimon cemon Aaimon cemon

    cara mngambil uang di alfamart y gimana?
    apa bisa cuma dngan mnunjukan kode digit MTCN y di atas kertas kosong yg udah di salin.

  47. @Rom bisa kok pakai kartu identitas lainnya juga.

  48. Rom Rom

    Kan saya belum punya ktp nih…. dan harus pakai tanda pengenal lain.

    Bisa ga pakai Kartu Pelajar ?

  49. “Ternyata bisa ya kirim uang via alfamart,
    ketinggalan informasi nih saya. biasanya cuma blanja saja kalau di alfa”

    Trims kunjungannya gan, nanti saya kunjung balik ya

  50. “Saya Tanya Ke AlfaMart Terdekat, Kata Yang Bertugas Tidak Bisa Transfer Uang ? Apkah DiAlfa Tersbut Tidak Tersediaa Untuk Transfer Uang Mas ?
    Apkah kita Masuk Ke Alfa salah Bicara ? Seharanya Ada singaktan Yang Harus Disingkat apakah benar ?”

    Harusnya bisa, karena ini layanan yang sifatnya terintegrasi di seluruh cabang Alfa. Bilang saja fasilitas transfer lewat Indosat.

  51. “Kalau gak punya KTP gimana?”

    Pakai tanda pengenal lain aja.

  52. MUT MUT

    Kalau gak punya KTP gimana?

  53. Andi Andi

    Saya Tanya Ke AlfaMart Terdekat, Kata Yang Bertugas Tidak Bisa Transfer Uang ? Apkah DiAlfa Tersbut Tidak Tersediaa Untuk Transfer Uang Mas ?
    Apkah kita Masuk Ke Alfa salah Bicara ? Seharanya Ada singaktan Yang Harus Disingkat apakah benar ?

  54. Ternyata bisa ya kirim uang via alfamart,
    ketinggalan informasi nih saya. biasanya cuma blanja saja kalau di alfa

  55. @Santai, alasannya tidak bisa ngambil uang kenapa? coba layangkan komplain via email ya.

  56. inaj inaj

    Hey guys aq inah.dari Cilacap
    Aq kirim tadi jam3’n dari jakarta ke Cilacap kox di Cilacap kawunganten.kox kasir y bilang gx bisa ngambil uang
    Tolong y guys info y

  57. Lur ibu ga bisa ambil karna ktp tidak aktif msa aktif abis terus uang nya bisa di ambil lagi gak mohon bantuan nya kta nya alfa gk bisa di gagalin krna udah sukses gitu

  58. Lur bude ga bisa ambil karna ktp tidak aktif msa aktif abis terus uang nya bisa di ambil lagi gak mohon bantuan nya

  59. bawa kartu keluarga aja, di situ kan ada NIKnya sma dengan KTP, klo gak bisa juga lapor ke sosmednya alfa atau bilang aja kita laporkan ke YLKI

  60. Lur aqu minta bantuan nya saya kirim lwat alfa dri jkrta trus penerima nya ktp nya msabaktif nya habis trus gk bisa dibambil trus saya ke alfa lgi ktanya gk bisa di gagalin udah sukses aqu bingung tlong infor masi nya

  61. @Zainul tentu tidak perlu mas. Fungsi alfamart seperti Kantor Pos atau ATM. Nanti penerima bisa mengambil di cabang alfamart mana saja. Yang penting penerima jelas sesuai nama KTP dan punya nomor hape.

  62. zainul zainul

    Jadi jika mau kirim uang lewat alfamart harus tau alamat alfamart yang dituju ?

  63. Kalau pengirimnya punya rek mandiri si lebih cepet pakai e-cash mas
    kaya saya mau kirim uang ke adik & dia ga punya mandiri, akhirnya saya suruh daftar e-cash dulu terus saya bantu upgrade no e-cashnya supaya bisa tarik tunai di atm

    setelah e-cash beres lalu saya transfer dari mandiri ke e-cash dia & setelah dana masuk bisa langsung diambil di atm tanpa perlu kartu tapi yaitu harus bulat angkanya karena di atm minimal 50ribu yg bisa diambil

  64. Intan Rosmadewi Intan Rosmadewi

    Waah bener memudahkan . . . tulisan bermanfaat dan keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *