Review Blogger – Mungkin sebagian orang belum ada yang tahu bahwa ada jalan alternatif yang lebih seru untuk ke Pantai Anyer. Salah satunya adalah melewati Hutan Mancak Taktakan Serang Banten. Begitulah warga menyebutnya. Beberapa kali saya lewat sini dan baru sempat berhenti untuk berfoto-foto.

Lokasi jalan alternatif ini memang agak sulit jika menggunakan kendaraan besar seperti bus ataupun truk. Namun, tak sedikit juga kendaraan roda dua yang menggunakan jalur alternatif ini untuk menuju Anyer. Caranya cukup mudah. Saya tinggal keluar di exit gate tol Serang Timur kemudian mengarah ke Banten Lama. Ikuti saja jalan hingga nanti ada patunjuk menuju Mancak, Taktakan.

Cukup Berhenti Sejenak Merasakan Kesegaran Udara Hutan

mancak taktakan serang timur

Jalur menuju Anyer ini terbilang lowong dan sepi meskipun pada siang hari. Hanya ada beberapa mobil saja yang lewat dan terlewati. Hanya saja, menurut saya, kalau kalian ingin kesini, pastikan sudah mahir mengendarai kendaraan karena jalannya sempit. Alih alih bisa jeblos ke parit.

Selalu Jaga Kebersihan Dimanapun Berada

mancak taktakan serang timur

 

Jika dikalkulasikan, butuh waktu sekitar 50 – 60 menit dari gate Serang Timur menuju jalan raya Anyer setelah melewati tikungan pasar. Begitu juga dengan hitungan saya saat masuk tol dari Anyer Cibitung Barat hingga melewati Serang Timur. Jadi, jika dihitung berdasarkan durasi ternyata sama saja. Kecepatan mobil tidak terlalu kencang, saya pacu antara 60 km hingga paling mentok 70 kmpj saja. Selain jalannya sempit juga agak sulit ketika menyalip kendaraan di depan karena harus extra hati-hati.

Wisata Murah Meriah Sebelum ke Pantai Anyer

mancak taktakan serang timur

 

Tempat ini memang tidak terlalu ramai saat saya lewat. Hanya ada beberapa motor saja yang berhenti dan menikmati kesegaran udara yang sejuk. Banyak pohon rindang dan pemandangan yang menakjubkan. Bahkan di kantor di sebelah area yang dibuka untuk umum ini, terdapat menara pandang yang cukup tinggi. Namun, saya cukup puas melihat dari tempat yang ada.

Tempat Pelepasan Burung dan Satwa Lainnya

mancak taktakan serang timur

 

Memang tidak ada retribusi untuk bisa masuk kesini. Hanya membayar uang parkir saja kepada bapak-bapak yang berjaga di sekitar tempat wisata. Arealnya tidak terlalu luas untuk tempat wisata. Namun, yang ditawarkan disini adalah keindahan pemandangannya.

Tebing Keratonnya Taktakan Serang

mancak taktakan serang timur

 

Di sebrangnya sudah ada beberapa warung. Sayang saya tidak bisa terlalu lama jadi entah apakah sudah ada fasilitas toilet umum atau tidak. Namun, jangan khawatir karena daerah ini tidak terlalu jauh dengan pemukiman warga. Pastikan saja bensin kendaraan kalian sudah full tank ketika ingin melewati jalur ini. Pasalnya tidak ada satupun pom bensin kecuali penjual bensin eceran.

Puncak Tertinggi Dari Taktakan

 

mancak taktakan serang timur

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+