image

Membuat properti storytelling

Anak-anak terlihat sangat antusias ketika mengerjakan properti untuk lomba story telling. Tugas saya hanya menyiapkan bahan dan tinggal mereka yang mengerjakannya. Ide-idenya pun mengalir begitu saja.

Lomba story telling ini dalam rangka olimpiade siswa nasional. Saat ini masih dalam seleksi tingkat gugus. Meskipun cukup kelimpungan karena pemberitahuannya sangat mendadak. Persiapan hanya dilakukan sepekan sebelumnya.

image

Khusuk

Tema lomba kali ini memang harus dikaitkan dengan provinsi Banten. Ada dua cerita yang harus dipersiapkan. Ada dua orang siswa yang dikirim dari sekolah saya. Mereka berdua memang pernah memiliki pengalaman mengikuti lomba serupa.

Beberapa cerita rakyat yang telah dipilih adalah Legenda Batu Kuwung dan Putri Canda Sari (Pandeglang). Sedangkan cerita dari luarnya dipilih lah Pinokio dan Kisah Alladin.

image

Properti diambil dari barang bekas

Properti yang digunakan memang bertemakan bahan daur ulang. Sehingga saya memilih kardus bekas alat-alat lab. Kualitas kardusnya sangat baik karena memiliki ketebalan yang cukup baik. Sampai-sampai memerlukan tenaga ekstra untuk mengguntingnya.

image

Mengerjakan media bercerita

Properti yang digunakan memang kebanyakan akan dibentuk menjadi wayang daur ulang yang terbuat dari kardus. Beberapa anak yang jago gambar saya perbantukan dalam penyiapan lomba ini.

Sangat menarik memang. Anak-anak pun sepertinya sangat enjoy mengerjakan properti untuk lomba story telling ini. Meskipun berharap menang tapi kami yakin kompetitor tidak akan mudah untuk dikalahkan. Setidaknya kami sudah berusaha lebih dengan menyiapkan properti untuk mendukung lomba.

Doakan semoga anak-anak saya berhasil ya 😉

Salam hangat

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+