Udah pernah nyoba kuliner Nasi Megono Pekalongan? Jujur saya juga baru satu kali nyobain. Itupun bukan di tempat asalnya, Pekalongan. Melainkan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pekalongan ini adalah sebuah kota di daerah Jawa Tengah di bagian Utara. Kalau mudik lebaran lewat jalur Pantura, pasti deh lewatin Pekalongan. Selain batik, Pekalongan juga sangat dikenal dengan kuliner khas Nasi Megono Pekalongan.

 

Baca juga Inilah Kuliner Terbaik Sepanjang 2012

nasi megono pekalongan

Nah, kebetulan jalur pulang saya kadang lewat Kebayoran Lama. Awalnya saya penasaran. Kok tiap lewat warung Nasi Megono Pekalongan ini rame banget. Akhirnya kemarin saya sempat mampir. Bukanya sore sampai malam.

nasi megono pekalongan

Beberapa lauk relatif tidak jauh berbeda dengan lauk-lauk di warung tegal. Cuma memang lebih bertabur sambal dan kuah. Liatnya aja bikin lapar mata haha.

Tapi saya malah terpedaya. Betul kata orang, jangan mudah terpesona dengan penampilan. Lele cabe yang saya makan, rasa pedasnya gak terasa hahaha.

Baca juga Tempat Nongkrong Enak dan Lengkap di Pamulang

nasi megono pekalongan

Beberapa orang kebanyakan dibungkus. Ada juga sih yang mampir. Kalau lihat dari lokasi biasa aja kayak warung pinggiran kaki lima yang memakan badan trotoar hahaha.

Saya aja parkirnya susah, pas banget di pinggir jalan, tapi jalur ini relatif lancar sih kalau sore. Soalnya sepanjang jalan Kebayoran dari Cidodol hingga pasar selau ada bukalapak dari sore hingga malam. Selain bisa belanja juga bisa kulineran di sepanjang Jalan Kebayoran Lama.

nasi megono pekalongan

Salah satu ciri khas Nasi Megono Pekalongan adalah irisan nangka yang dicincang halus dicampur dengan parutan kelapa. Sedangkan lauknya bisa pilih sesuai selera. Ada telur balado, ikan lele, ikan bakar, ayam gule sampai daging juga ada.

Nah, awalnya saya gak ngerti apa sih Nasi Megono Pekalongan itu. Bahkan lauknya pun saya asal pilih hehehe. Saya milih lele cabean, labu siam dan tentunya ciri khas taburan nangka parut kelapa.

Porsinya lumanyan banyak. Bikin begah stelahnya

Yang menarik ternyata mendoan di warung Nasi Megono ini ternyata laris juga. Harusnya sih rasa irisan nangka itu gurih dan nikmat, sayangnya kalau mau jujur masakan yang saya makan kurang nendang. Saya cuma bisa menikmati mendoannya aja. Mungkin itu juga karena disantap saat masih hangat.

Harga satu porsi Nasi Megono Pekalongan dengan lauk lele ini dibandrol Rp13.000, cukup murah. Sayang sambalnya kurang pedas. Padahal kalau sambalnya lebih pedas, minimal ada alasan buat saya mampil lagi kan hehehe.

nasi megono pekalongan

Gara-gara nyobain Nasi Megono ini saya betul-betul penasaran dengan cita rasa asli di kota asalnya. Mudah-mudahan ada kesempatan pas mudik nanti bisa lewat Pekalongan dan mampir di Warung Nasi Megono yang maknyus ya.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+