Karena motor saya sudah berusia lima tahun, sebagai wajib pajak, saya harus Perpanjang stnk sekalian ganti kaleng atau ganti plat nomor. Meskipun kenyataannya selama ini uang pajak kita lebih banyak di korup sama koruptor dari berbagai partai.

Yah tapi namanya juga pengendara motor. Polisi juga gak bakal mau tahu dengan kenyataan seperti itu. Yang jelas UU mewajibkan semua pemilik kendaraan bermotor membayar pajak motor tanpa kecuali.

Flowchart Pengurusan Perpanjang Pajak Kend. Bermotor

Saya sampai lupa kalau pajak motor saya habis Februari 2014 lalu. Artinya sudah lewat lebih dari satu bulan saya belum perpanjang stnk. Tapi, tetap dong sebagai warga yang taat pajak meski makan ati, pajak motor tetap harus di bayar. Tetep ngerasa gak ikhlas wkwkwkw.
cek fisik

Cuss hari Sabtu pagi, 5 April 2014 saya ke Samsat Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Yang perlu disiapkan:

Syarat Perpanjang STNK Motor 5 Tahun (Ganti Kaleng)

  • KTP.
  • STNK (Nama harus sesuai dengan di KTP).
  • BPKB (Nama di BPKB harus sesuai dengan nama di STNK dan KTP).
  • Jika diurus oleh orang lain, sertakan surat kuasa diatas materai 6.000.

Semua harus asli, kalau palsu ya bodong hahaha. Lalu datang ke tempat fotocopy di samsat. Bilang aja untuk perpanjangan pajak atau perpanjang stnk motor. Mereka pasti udah ngerti bingit. Nama di KTP, STNK dan BPKB harus sama. Jika berbeda, bawa aja surat kuasa bermaterai dari pemilik bahwa pengurusan dilakukan oleh orang lain.

Untuk proses awal seperti biasa ambil formulir di loket 1.2 dibawah atau dekat lobby persis didepannya ada kolam ikan. Karena hari Sabtu, saya mengajak anak dan istri. Di lobby inilah anak saya nunggu karena tempatnya lebih adem. Selain itu dia bisa sambil main2 lihat kolam ikan.

Karena perpanjang stnk motor 5 tahun membutuhkan cek fisik, maka parkirkanlah kendaraan dekat2 dengan tempat cek fisik. Kalau mobil bisa langsung di parkir di area cek fisik sekaligus antri. Setelah mendapatkan formulir, langsung bawa motor dan form yg sudah diisi ke bagian cek fisik.

Nanti di bagian cek fisik akan diperiksa kelengkaapan kendaraan. Usahakan semuanya berfungsi dan kelengkapan standard seperti saat beli baru. Mulai dari kaca spion hingga kanlpot standar. Setelah itu bagian cek fisik akan menggosok nomor rangka dan nomor mesin.

Loket Cek Fisik

Setelah selesai, form akan dibawa ke bagian loket cek fisik. Disini paling lama membutuhkan waktu 30 menit. Siapkan uang pas 20 ribu. Tidak ada bukti penerimaan. Setelah itu langsung ke lantai satu. Dari lobby tinggal naik aja.

loket perpanjangan stnk pajak

Nah, tumpuk form di loket 2.3 di lantai satu. Loket 2.3 itu bagian pengesahan dan perpanjangan stnk dan pajak motor lainnya. Kalau loket 2.1 untuk kendaraan baru sementara loket 2.2 untuk surat mutasi, hilang dll. Jadi langsung aja tumpuk di loket 2.3. Gak usah nunggu di suruh tumpuk.

Setelah itu tunggu dipanggil dan cari tempat duduk yang masih kosong. Itu juga kalau ada. Kalau hari sabtu loket buka dari jam 8-12. Jadi usahakan datang lebih pagi atau lebih awal.

Ingat! Dari awal BPKB asli harus di pegang sendiri. Jadi jangan di sertakan dalam form perpanjangan. Nah, nanti kalau dipanggil di loket 2.3 BPKB asli ini harus ditunjukkan kepada petugas. Disini kudu sabar yah. Kadang yang antri pertama bisa dipanggil belakangan.

Kalau pas rame ada tiga petugas di loket ini. Jadi kalau dipanggilnya belakangan gak usah negdumel. Itu udah rezeki orang lain. Karena masing-masing petugas punya kecekatan yang berbeda dalam pemeriksaan berkas dengan standar yang sama.

suasana samsat di hari sabtu

Setelah menunjukkan BPKB asli, langsung nunggu di loket sebelah. Loket ini adalah loket penyerahan notice atau nota pembayaran sejumlah pajak yang harus di bayarkan.

Karena pajak saya terlambat satu bulan lebih jadi keba denda sekitar 32rb. Semua sudah tertera salam nota pembayarannya. Di loket ini pasang telinga dalam-dalam, soalnya suara speaker panggilan silih bersahutan. Di loket ini langsung di panggil rombongan. Jadi jangan sampai terlewat. Kalau rame prosesnya bisa 30 menit juga.

loket notice

Setelah mendapatkan notice atau nota pembayaran. Siapkan sejumlah uang yang tertera di nota. Kalau bisa uang pas aja biar gak repot cari kembalian. Selanjutnya geser ke loket berikutnya yakni loket bank atau kasir.

Disini juga di panggil secara rombongan. Jadi fungsi uang pas untuk mempercepat proses. Jangan bikin ribet apalagi pake uang lembaran 100rb yang rada susah kembaliannya. Kecuali pajaknya pas bulet 200rb, 300rb atau kelipatannya.

loket pembayaran

Nah setelah bayar tinggal tunggu di loket akhir atau loket penyerahan STNK. Ingat, disini yang diserahkan adalah bukti pembayaran sah yang sudah ditandatangani petugas. Di sini juga di panggil per-rombongan. Jadi pasang telinga baik baik yah hehehe.

penyerahan stnk

Total waktu yang ditempuh paling sekitar 2 jam dari cek fisik sampai dengan keluarnya STNK dengan catatan itu rame bingit karena pas hari Sabtu. Kalau di Tangsel hampir sebagian sekolah libur pada hari Sabtu. Jadi banyak juga yang ngurus pajak pada hari Sabtu kayak saya.

Khusus warga Tangsel sekarang bisa bayar pajak motor tahunan di pasar Modern BSD. Gak perlu antre panjang kayak di Samsat Ciputat.

nota pajak yang harus di bayar di kasir

Nah, perpanjang stnk beres, tinggal ngurus plat nomor baru. Langsung cuss turun ke lantai dasar di samping loket 1.2 (loket pengambilan form di awal sebelum cek fisik) itu ada loket 1.1 tempat penukaran TNKB.

Di sini proses max 45 menit per 10 plat nomor. Saya nunggu sih kurang lebih 20 menit lah. Jadi total waktu perpanjangan stnk 5 tahun di Samsat Ciputat pada hari Sabtu kurang lebih 2.5 jam. Prok prok prok….

sudah jadi

Jangan lupa pakai baju yang sopan misalnya kemeja atau jaus berkerah dan sepatu. Bawa minum juga sangat dianjurkan karena ruangannya cukup panas kalau lagi penuh penuhnya.

loket tnkb Perpanjang stnk

Trims pak Polisi

@DzulfikarAlala

Perpanjang stnk

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+