Urusan soal perut memang paling utama saat mudik. Kalau perut kosong bisa geger satu mobil. Makanya pas sampai di Sokaraja, kuliner yang paling diinget adalah Soto Sutri Sokaraja yang bikin ngeces selama perjalanan.

Sroto atau Soto Sutri Sokaraja yang terkenal selain Soto Sutri, ada Soto Kecik. Kalau Soto Kecik sudah biasa, saatnya mencoba Soto Sutri yang tempatnya agak masuk ke dalam pemukiman warga. Tempatnya sederhana tapi dagangannya dikenal sampe Nusantara hehehe.

Baca Masih Cari Nasi Uduk Enak di Pamulang? Udah Coba Nasi Uduk Bang Yayer Belum!

Soto Sutri punya kuah soto yang lebih kental dan punya rasa lebih segar daripada Soto Kecik. Itu sih penilaian saya kalau ngomongin apa bedanya Soto Sutri dan Soto Kecik. Selain itu daging yang digunakan juga lembut dan empuk saat digigit.

Wajar deh kalau Soto Sutri Sokaraja ini udah jadi salah satu Kuliner Khas Banyumas yang wajib disambangi sama keluarga. Utamanya keluarga dari istri saya. Soalnya bapak mertua saya asli Sokaraja.

Jadi, biasanya kalau pas baru datang supaya seger-seger, ya mampir lah ke Soto Sutri. Kadang-kadang kalau ngidam berat, sotonya dibungkus sampai Jakarta hahaha. Supaya tidak basi ya isiannya dipisah dari kuahnya. Dan, kalau bisa saat tiba di Jakarta langsung dikonsumsi atau kuahnya dipanaskan untuk dikonsumsi di hari berikutnya.

Baca Apa Rasanya Berbuka Puasa dengan Makanan Timur Tengah?

Nah, Soto Sutri Sokaraja ini sambalnya tidak menggunakan sambal ijo atau sambal merah, tapi sambal kacang. Ukuran saya sih satu sendok makan cukup lah ya, ditambah dengan kecap beberapa kecrot aja udah cukup muehehehehe.

Nih, penampakan Soto Sutri dari jarak dekat. Ada taburan daun bawang, tauge segar, dan potongan daging sapi yang melimpah. Plus ketupat atau lontong sebagai pengganti nasi. Kalau dinikmati pakai nasi rasanya malah jadi kurang nikmat hehehe.

Baca Awalnya Penasaran, Akhirnya Nyobain Nasi Megono Pekalongan di Kebayoran Lama

Soto Sutri Sokaraja

Nih, temennya Soto Sutri Sokaraja emang kelapa muda atau es degan. Bisa ditambah gula putih atau gula Jawa. Kalau kelapanya masih cukup muda biasanya saya lebih suka yang natural alias enggak ditambah gula sama sekali.

Soto Sutri Sokaraja

Tempatnya emang agak masuk-masuk ke pedalaman. Tapi kalau orang satu Sokaraja ditanya dimana Soto Sutri pasti pada tahu kok, apalagi kalau tanya sama babang mbecak atau babang gojek.

Ini kuahnya yang baru aja matang, belum sama sekali dicolek karena saya datang paling awal. Yeeaaaahhhh!

Alamat Soto Sutri Sokaraja

Jalan Pramuka Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah

Rentang Harga

Rp 10.000 – Rp 15.000

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+