Imperative adalah kalimat perintah. Membuat kalimat perintah sebetulnya tidak sulit, karena pada dasarnya manusia memang suka memerintah hehehehe. Nah, kegiatan ini saya lakukan pada saat memberikan Homework untuk siswa kelas X SMA.

Formula kalimat perintah dalam bahasa Inggris adalah bentuk kalimat yang paling sederhana. Karena dengan menggunakan satu kata kerja kemudian diikuti oleh tanda seru sudah merupakan sebuah perintah, contohnya: “Come!”

Dalam membentuk kalimat perintah boleh ditambahkan juga objek di belakangnya. Misalnya untuk kata kerja yang membutuhkan objek tentu saja membutuhkan sebuah objek, tanpa objek dia akan menjadi rancu, contohnya: “Write the letter!” Tanpa objek tentu saja akan menggantung.

Lalu bagaimana tugas buat anak-anak itu agar mereka benar-benar memaknai imperative dalam kegiatan sehari-hari? Caranya saya meminta mereka untuk mencari orang lain disekitar mereka yang memiliki masalah. Kemudian permasalahan masing-masing orang tersebut dikumpulkan. Setelah semuanya terkumpul, barulah di buatkan sebuah solusi dalam bentuk kalimat imperative.

Berikut berberapa masalah yang bisa dijadikan contoh;

  1. I always come late.
  2. I can’t get up early.
  3. I don’t like being punished.

Sudah pasti permasalahannya seputar anak-anak dan sekolah. Nah, dari permasalahan yang ada tinggal kita buat kalimat imperative-nya sebagai solusi dari masing-masing masalah yang dihadapi. Berikut contoh solusinya dalam bentuk kalimat imperative.

  1. I always come late. —-> Come earlier!
  2. I can’t get up early. —-> Sleep earlier!
  3. I don’t like being punished. —–> Obey the rules!

Nah, gampang kan? Itulah sedikit tips untuk mengajarkan kalimat perintah. 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+