Ceritanya saya sering pulang lewat Jalan Ciputat Raya Pondok Pinang. Tepatnya ada sebuah Warung Sambal GIla atau Sambal Setan kaki lima di seberang jalan Haji Muhi Pondok Pinang. Jalan ini memang terkenal macet karena salah satu alternatif jalan dari Ciputat Raya ke Jalan Veteran Raya Bintaro.

Nah, karena saking seringnya lewat warung ini, akhirnya semalam saya beli juga. Maksudnya sih cuma buat nyobain, gimana sih rasanya sambal Gila atau Sambal Setan? Apa iya bisa bikin sampai kesetanan. Warung ini juga dikenal dengan nama Warung Sagil singkatan dari Sambal Gila. Mirip sih dengan warung Sambal Setan yang sedang menjamur sekarang.

sambalsetan12

Nah, ngomong-ngomong soal Gila. Saya biasanya pakai trik ini. Setiap ada warung makan yang ramai, biasanya saya gak langsung percaya apa itu enak atau enggak. Jadi, setelah beberapa kali lewat dan sering ramai, baru saya tertarik untuk beli.

Baca juga Sajian Bebek Bumbu Hitam Madura ini bikin kamu ketagihan deh!

sambalsetan01

Biar beneran ngebuktiin kalau kuliner yang disajikan itu enak, saya harus membawanya atau take away ke rumah. Soalnya kan banyak desas desus kalau warung yang ramai dan enak itu lekat banget sama jampi-jampi penglaris. Giliran dibawa pulang biasanya nggak enak seperti makan di tempat. Iya, soalnya jampi-jampinya cuma efektif bereaksi di tempat jualan.

Wal hasil beberapa warung yang ramai, trik itulah yang selalu saya pakai sebelum rekomendasikan ke orang lain atau ke keluarga. Maksudnya biar beneran teruji kualitas dan rasa enaknya gak ngebohong.

sambalsetan09

Nah, akhirnya saya mutusin untuk pesan ayam penyet di Warung Sambal Gila Pondok Pinang. Alasannya karena menu ayam merupakan menu yang paling favorit. Sebetulnya ada menu lain sih, seperti bebek goreng, ikan gurame, ikan gurame hingga cumi asin.

Sambil nugguin makanan dibungkus, saya mulai foto-foto dong. Mulai dari tempat makan, sampai menu yang siap goreng dan disajikan. Saya juga dapet foto abang-abang yang lagi ngulek cabai. Satu ulekan penuh cabai semua. Mulai dari yang merah sampai yang orange ada.

sambalsetan04

Baca juga Rawalele Bintaro punya warung makan murah dan enak loh!

Eh, ternyata gak sampai 5 menit, pesanan saya udah ready. Ya, udah akhirnya saya bayar. Harganya di atas rata-rata. Mungkin karena cabainya yang memiliki nilai tambah dibanding biasanya. Satu porsi ayam penyet plus sambal Gila dibandrol Rp20.000. Sedangkan jika memesan tambahan nasi putih harganya jadi Rp24.000.

sambalsetan05

Yah, cukup worthed lah buat sajian sambal yang lebih banyak dari biasanya….

Eh pas pulang saya ketemu pemiliknya di depan, parkiran warung. Saya penasaran karena dia lagi ngambil duit kembalian dari bagasi Vespanya. Vespa matic bro!

Iseng-iseng akhirnya saya wawancara singkat deh sama pemiliknya bang Arie Muntaha asli Betawi ini.

Wawancara Pemilik Warung Sambal Gila / Sambal Setan

sambalsetan18

Apa aja menu yang paling laris di sini?

“Menu yang paling laris di sini itu ayam goreng, ayam penyet, sayur asem sama ikan gurame bang.”

Satu hari berapa ekor ayam yang dipotong untuk disajikan?

“Satu hari bisa motong rata-rata sampai 50 ekor ayam. Kalau yang lain-lain seperti bebek hanya pelengkap, biasanya hanya 10 ekor per-harinya. Ikan Gurame sama ikan Salem juga, berdua tuh, banyak peminatnya.”

Berapa karyawan yang bantu abang di warung Sambal Gila ini?

“Karyawan jumlah seluruhnya ada 18 orang. Itu untuk tiga cabang. Itu udah termasuk karyawan yang di Pondok Pinang. Mayoritas ini karyawan saudara semua ini! Kita Open dari jam 18.00 kadang jam 18.30 sampai Closing jam 24.00.”

Berapa sih bang omzetnya per-hari kalau boleh tau?

“Hahahaha…kotor apa bersih nih?” tanya dia balik.

“Ya boleh kotor deh bang hehehe” timpal saya.

“Sehari biasanya kisaran dapat 5 juta.” Jawabnya lugas.

Warungnya biasanya paling ramai biasanya hari apa bang?

“Paling rame itu biasanya Sabtu malam Minggu sama Minggu malam Senen.”

Pelanggannya biasanya dari kalangan apa bang? Anak muda atau dewasa!

“Nah, pelanggan kita kebanyakan emang anak muda. Rata-rata sih kaum Hawa hahahaha cewek-cewek. Mungkin selera pedasnya.”

Nah, ini kan sekarang sambal Gila sudah mulai menjamur bang. Apa yang membedakan warung Sambal Gila milik abang dengan warung lainnya? Tadi abang kan sempat bilang kalau Sambal Gila abang lebih unggul dari yang lain!

“Jadi, saya punya terasinya khusus! Semua orang bisa bikin dan ngulek sambal, tapi dari rasa kan beda! Nah, saya gak bisa cerita banyak deh soal resepnya. Soalnya ini rahasia.”

“Kita bisa buktiin kok, ini testimoni dari yang cicipi dan mencoba sambal Gila kita di sini.” pungkasnya.

Bang Arie awalnya nanya saya dari mana (media). Saya cuma bilang kalau saya seorang blogger. Dan dia antusias banget saat diwawancara oleh saya. Soalnya warung sambal dia juga pernah masuk program Urban Street MNCTV.

Keunggulan Warung Sambal Gila Pondok Pinang

Nah, setelah pulang saya langsung deh buka bungkusan. Isi sayurannya ternyata beda dari kebanyakan. Selain ada timun dan labu siam, ternyata ada rebusan kangkung, tapi sedikit sih. Biasanya kan pakai kol atau selada. Nah ini beda!

sambalsetan21

Ayam penyetnya beneran digeprek tapi daging dan tulangnya kelihatan lembut. Ayamnya udah dilumuri sambal dengan ulekan kasar, tapi sambal kering. Sedangkan sambal gila-nya dibungkus terpisah. Agak berair karena dicampur dengan tomat.

Setelah saya cicipi untuk suapan nasi dan cocolan potongan ayam penyet pertama,,,, wuaaaduuhhhhhhh,,,,

sambalsetan32

Lidah saya rasanya kaya kesetrum langung menjalar ke kepala. PEDES BANGET GILA!

Beneran ini sambalnya gak bohong pedasnya. Recommended banget lah kalau penilaian saya!

Pantas warungnya selalu ramai.

sambalsetan24

Lokasinya persis seberang Jalan Haji Muhi Pondok Pinang Jakarta

Lokasinya persis seberang Jalan Haji Muhi Pondok Pinang Jakarta

Tetap sehat dan makan makan ya guys~

@DzulfikarAlala

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+