Aplikasi yang Bikin Kamu Mengetahui Berita Terbaru Secara Instan

Aplikasi yang Bikin Kamu Mengetahui Berita Terbaru Secara Instan

March 31, 2018 6 By Dzulfikar

Aplikasi berita terbaru yang paling saya suka saat ini adalah aplikasi berita Kumparan. Salah satu keunggulannya, sementara ini baru kumparan yang memiliki fitur kolaboratif antara berita dan media sosial. Ketika membuka aplikasi Kumparan, tampilannya tidak berbeda jauh seperti menyimak linimasa media sosial seperti Facebook ataupun Instagram.

Jadi, saat kita membuka aplikasi kumparan, kita langsung disuguhkan berita dari para jurnalis Kumparan sekaligus beberapa tulisan dari warga. Dari salah satu pemberitaan media online, posisi jurnalis dan warga di linimasa Kumparan itu setara. Artinya selama memenuhi kaidah berita, tulisan warga pun bisa muncul di linimasa utama.

Ada tim khusus yang mengolah dan memilih mana saja berita yang memang bisa tampil di linimasa. Selain itu kustomisasi berita bisa diatur sesuai dengan keinginan user.

Misalnya saya lebih memilih berita-berita tentang otomotif, travel dan teknologi. Dengan begitu, lini masa di aplikasi kumparan saya hanya muncul topik yang saya pilih saja. Lebih personal bukan?

kumparan-aplikasi-berita-terbaru

Buat yang belum punya akun Kumparan, kamu juga bisa kok login dengan menggunakan akun facebook kamu atau akun Google kamu. Sangat mudah kok untuk digunakan melalui smartphone kamu.

Untuk pengguna baru, sebagai permulaan akan diminta memilih kategori berita dan topik yang akan diikuti. Misalnya ada KumparanFood yang doyan dengan berita atau artikel tentang kuliner. Bisa juga memilih kategori lain seperti KumparanBisnis, KumparanBola bahkan ada kategori khusus tentang Millenial.

aplikasi informasi terkini

Soal tampilan dan penggunaan saya rasa cukup sederhana dan bisa dipahami dengan mudah. Aplikasi Kumparan membagi layar hingga empat bagian.

Pertama di bagian atas langsung menyediakan kolom pencarian sehingga memudahkan untuk mencari berita dengan kata kunci tertentu.

Sedangkan menu burger di bagian paling kanan akan membantu user untuk menambahkan, atau menghapus kategori dan topik yang diinginkan.  Setelah itu di bagian baris kedua terdapat menu yang disesuaikan dengan kategori dan topik yang sudah dipilih.

aplikasi berita terupdate

Nah, ini dia yang menarik. Jadi, dengan menjadi anggota Kumparan, user atau pembaca juga bisa ikut berkontribusi menulis artikel berita atau opini versi warga. Bahkan bisa memberikan sanggahan atau tanggapan dari berita lain yang muncul di Kumparan.

Desainnya sederhana sekali dan saya pikir ini cocok buat semua generasi. Pengaturannya juga mudah dan bisa digunakan secara mobile kapan saja dan di mana saja. Menambahkan gambar pun tidak ada kendala berarti. Supaya lebih mudah sebaiknya gambar di-resize atau di-compress terlebih dahulu.

aplikasi berita terkini

Sebagai salah satu aplikasi yang menyuguhkan berita terbaru, Kumparan juga menyediakan kolom komentar. Nah, kalau ada berita yang viral dan ramai di media sosial, yang paling menarik disimak  selain beritanya juga komentarnya.

Kalau mau nimbrung komentar, cukup mudah kok. Tinggal login saja sebagai anggota, bisa menggunakan akun Facebook atau Google kemudian tinggal manambahkan komentar di bawah artikel yang ingin dikomentari. Sesederhana itu kok!

Jika dirasa ada artikel menarik yang perlu diketahui orang lain, cukup membagikannya melalui tombol share yang disediakan.

Nah, ini juga menarik nih. Ada tombol Repost seperti di fitur Tumblr. Fitur Repost ini bisa digunakan ketika kita setuju dengan salah satu artikel atau bisa juga kontra dengan menambahkan komentar. Makin interaktif bukan? Tidak berbeda jauh dengan di media sosial.

Nah, karena Kumparan ini juga terbuka bagi warga, jadi pembaca juga harus bijak dan jeli dalam memilih berita. Jika ada tulisan atau konten berita yang tidak sesuai, ada tombol Lapor. Pembaca bisa melaporkan konten berita jika ada yang menyerempet dengan pornografi, kekerasan, SARA, dan lainnya. Penting juga untuk melaporkan berita yang diduga HOAX ke Admin Kumparan.

Aplikasi berita terbaru

Fitur lain yang menurut saya menarik adalah fitur foto slider. Pernah ngalamin kan ada listicle berita yang menampilkan gambar tapi harus pindah-pindah halaman? Pasti jengkel banget hahahaha.

Nah, kalau aplikasi berita terbaru, Kumparan ini cukup berbaik hati karena pembaca bisa memilih dua mode yang bisa disesuaikan sesuai selera. Bisa membuka halaman satu per satu atau bisa juga langsung menampilkan semua gambar di satu halaman. Cukup adil kan?