Penting banget mobil keluarga seperti itu dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan, mulai dari sensor parkir hingga air bags di kemudi dan dashboard penumpang. Apalagi sekarang mobil keluarga dengan harga terjangkau sudah dilengkapi fitur Anti-lock Brake System (ABS) sehingga lebih mudah mengendalikan mobil saat bermanuver.

Untuk kesan pertama, sosok mobil keluarga memang harus tercermin dari eksteriornya. Tak perlu terlalu mewah, punya fitur keselamatan tapi tetap harganya terjangkau keluarga muda yang masih harus memikirkan biaya pendidikan anak-anak.Β #lebihLEGA

Untuk urusan harga juga sebetulnya tricky banget. Ada teman yang secara bujet sudah siap beli mobil, tapi dikasih yang terjangkau malah gengsi. Katanya gak mau disebut punya mobil kelas bawah. Boleh terjangkau asal tidak terkesan asal punya mobil saja.

Nah, aspek kedua dan tak kalah penting adalah eksterior yang bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup keluarga muda seperti saya.

Dari segi eksterior, tampilan luar harus elegan. Tidak harus tampilan yang menarik sih, asal enak dilihat dan manis saat difoto. Soalnya penampilan buat konsumen di Indonesia menjadi salah satu faktor penentu. Kalau kata teman saya minimal enggak malu maluinlah kalau dibawa ke mal atau jalan-jalan.

Memang saat ini desain mobil di Indonesia didominasi Japanese Style. Mobil-mobil Eropa ada juga, tapi kesannya classy. Saya cenderung suka desain mobil yang simple dan tidak terlalu ramai dengan aksesoris, yang penting itu tadi, manis saat diajak selfie.

Untuk posisi mesin, saya lebih memilih mesin yang berada di depan dibandingkan mesin di bawah jok. Selain lebih aman, juga terhindar dari bising. Posisi mesin di depan kabin penumpang dari aspek keselamatan lebih terjamin karena saat benturan kabin tidak langsung terkena efeknya. Buat saya, hal ini penting banget, mungkin karena saya terpengaruh melihat beberapa kecelakaan mobil di jalanan. Mobil-mobil tanpa hidung punya akibat yang lebih parah dibandingkan mobil yang berhidung.Β #lebihLEGA

Untuk soal hiburan, juga sudah menjadi fitur wajib yang harus disematkan di mobil keluarga. Konektivitas bluetooth dan layar LCD sudah jadi barang wajib. Apalagi anak-anak zaman sekarang sudah pasti mencari hiburan lewat video seperti Youtube.

Jadi, kalau digambarkan dalam kata-kata yang padat, mobil idaman keluarga muda seperti saya itu punya tongkrongan yang manis, kabin luas buat keluarga, bagasi muat banyak, dan tentu saja dengan harga terjangkau kantong.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+
1 2