“Sejauh-jauhnya bangau terbang, pasti kembali ke kubangan juga.” Pepatah itu pas banget sama saya yang doyan cari kuliner nasi uduk enak di Pamulang, Tangerang Selatan. Dari sekian banyak nasi uduk yang dicobain, ternyata yang paling enak menurut selera lidah saya, tempatnya gak jauh dari rumah saya sendiri.

Warung nasi uduk ini boleh dibilang baru buka di gang samping rumah saya di Pamulang, rasa-rasanya belum ada satu tahun. Saya jamin deh ini salah satu nasi uduk enak di Pamulang. Cuma memang harganya yang sedikit lebih mahal. Tapi justru dengan harga mahalnya itu jadi sebanding dengan yang didapatkan.

nasi uduk enak di pamulang

Awal buka yang jaga itu kakek-kakek. Ya gak tua-tua amat sih. Usia sekitar 60 tahunan tapi masih gercep buka warung. Kalau kakeknya tugas buka warung, sementara yang jualan itu nenek, atau istrinya si kakek. Saya malah gak sempat tanya siapa namanya dan juga belum sempat tanya apa beliau yang namanya “Bang Yayer”.

Saat awal-awal buka, waktu itu ada soto mie juga. Tapi, lama kelamaan justru soto mienya udah gak jualan juga. Mungkin yang punya cuma mau fokus ke Nasi Uduk aja kayaknya. Soalnya kebanyakan yang beli emang nasi uduk dibandingkan soto mienya. Padahal sih waktu saya cobain, rasa soto minya juga gak kalah enak.

nasi uduk enak di pamulang

Tempatnya cukup representatif dan gak sulit-sulit amat buat dicari karena posisinya di pinggir jalan. Kalau cari alamat sih patokannya tinggal cari aja diler Daihatsu di Jalan Siliwangi Raya Pamulang. Kira-kira 500 meter dari Villa Dago dan 200 meter sebelum Pom Bensin Parakan, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan.

Kalau pagi saya juga punya langganan nasi uduk enak di Pamulang lainnya. Harganya lebih murah dan bersahabat tapi rasanya tetap enak. Pokoknya pilihan banget buat ibu-ibu yang enggak bisa nyiapin sarapan buat anaknya yang mau berangkat ke sekolah. Haganya cuma 6 ribuan.

Kalau malam, ya pilihan saya selain nasi uduk di Pondok Cabe, ya nasi Uduk Bang Yayer ini. Apalagi kalau beli gampang banget tinggal jalan kaki. Harganya sedikit lebih mahal, 10 ribuan. Biasanya porsi segitu saya bisa makan pakai kering tempe, bihun sama tahu. Kalau pakai lauk lainnya ya antara 12 ribu sampai 15 ribu.

nasi uduk enak di pamulang

Nah, salah satu ciri khas nasi uduk bang Yayer ini porsi nasinya banyak banget. Pokoknya kalau buat makan malam sih bikin begah hahaha. Makanya saya biasanya cuma minta porsi setengah aja. Itu pun kayaknya masih dikasih porsi yang cukup banyak dibanding porsi nasi uduk biasanya.

nasi uduk enak di pamulang

Salah satu ciri khas nasi uduk enak itu ya semur jengkolnya. Jengkolnya enggak berbau dan pulen. Rasanya juga enak, pas di lidah juga saat digigit ada rasa kenyal-kenyal. Wah jadi bikin air liur lumer nih gara-gara ngomonginnya hahaha.

Karena jengkol mahal, biasanya cuma dikasih tiga biji jengkol. Yah, lumayan sih daripada enggak ada sama sekali kan?

Untuk urusan lauk, jangan khawatir karena nasi uduk bang Yayer di Pamulang ini punya pilihan banyak lauk pauk.

  • Gorengan
  • Bihun
  • Semur Tahu Tempe
  • Ayam Goreng
  • Ayam Bakar
  • Kentang cabean
  • Telur Balado
  • Telur Dadar
  • Tempe Orek
  • Semur Jengkol
  • Jengkol Balado, dan
  • Perkedel Kentang

Nah, belakangan karena warung nasi uduk ini makin rame, saya lihat yang jaga jadi digantikan oleh anaknya. Biasanya yang ngelayanin itu laki-laki separuh baya. Abang-abang ini biasanya ditemenin sama saudara atau mungkin istrinya. Dia yang ngelayanin sementara istrinya goreng gorengan seperti tahu, bakwan dan tempe.nasi uduk enak di pamulang

Buat ukuran warung kaki lima, nasi uduk bang Yayer termasuk kuliner nasi uduk enak di Pamulang. Sekarang pembelinya mulai banyak yang pakai mobil malahan. Apalagi tempatnya strategis di samping diler Daihatsu. Pas banget sama putaran Jalan Kesadaran. Kalau dari arah Unpam ada di sebelah kiri. Kalau dari arah Muncul ada di sebalah Kanan, tinggal nyebrang.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+