Perpanjang SIM di Gerai SIM Gandaria City atau Polres Metro Jakarta Selatan?

Perpanjang SIM di Gerai SIM Gandaria City atau Polres Metro Jakarta Selatan?

July 21, 2018 0 By Dzulfikar

Ceritanya saya kemarin harus perpanjang Surat Izin Mengemudi atau SIM sebelum masa berlakunya habis. Saya melakukan perpanjang satu bulan sebelumnya. Alasannya karena aturan sekarang, jika terlambat perpanjang satu hari saja, kamu harus mengurus permohonan SIM baru alias mengulang dari awal.

Nah, saya berpikir daripada telat untuk perpanjang SIM dengan konsekuensi harus mengajukan permohonan baru, lebih baik saya perpanjang dari jauh-jauh hari. Supaya bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jujur, saya belum pernah melakukan perpanjangan SIM sebelumnya. 5 tahun sebelumnya saya baru mengurus mutasi SIM dari Polda Jabar ke Polda Metro. Cara mutasi SIM memang lumayan rada ribet sih. Tapi, semua bisa saya lakukan sendiri supaya saya paham dan mengerti proses dan prosedurnya dari awal.

Jangan gunakan calo

Untuk perpanjang, saya dapat info kalau bisa dilakukan di gerai SIM selain di SIM keliling. Karena di daerah saya jarang ada SIM keliling, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan perpanjang SIM di gerai SIM Mal Gandaria City Jakarta Selatan. Kebetulan ada beberapa urusan di Jakarta jadi, saya sekalian mengurus perpanjang di sini.

Mal Gandaria City tidak terlalu jauh kok dari Stasiun Kebayoran Lama maupun Terminal Blok M. Jadi, saya pikir gerai SIM di Mal Gandaria City ini termasuk salah satu gerai SIM yang strategis. Selain tersedia Gerai SIM, di sini juga ada gerai SAMSAT. Jadi, kamu bisa sekalian bayar pajak motor sekaligus perpanjang SIM secara bersamaan.

perpanjang sim

Jam buka Gerai Samsat Gancit

Lokas gerai SAMST di Gandaria City buat yang belum tahu kadang bisa membingungkan juga meski terletak di Lantai 1 Mal Gandaria City.

Patokannya biar lebih mudah, saya masuk lewat pintu masuk di sebelah Gandaria Office Tower 8. Di situ ada eskalator langsung menuju lantai 1. Setelah itu tinggal lurus, cari masjid Al-Hidayah Gancit. Nah, setelah akses masuk ke masjid ada eskalator ke lantai 1. Kamu tinggal naik aja menuju Gerai SIM dan Gerai Samsat Gancit.

perpanjang sim

Gerai Samsat dan Gerai SIM Mal Gandaria City

Jam buka gerai SAMSAT dan gerai SIM Mal Gandaria City

Hari STNK SIM
Senin-Kamis 09.30-15.00 12.00-19.00
Jumat 09.30-15.00 13.00-19.00
Sabtu 09.30-12.00 12.00-19.00

 

Sayangnya saya baru tahu kalau jam operasional gerai SIM di Gandaria City baru buka pukul 12.00 WIB. Saat itu saya datang pukul 10.00 WIB. Lumayan juga kalau menunggu sampai dua jam.

perpanjang sim

Daripada menunggu selama dua jam, akhirnya saya ngecek aplikasi ojek online. Ternyata dari Mal Gandaria City ke Polres Jakarta Selatan cuma Rp 7.000. Ya sudah, saya langsung meluncur ke Satpas SIM Polres Jaksel.

Buat yang kerja sampai sore, bisa mengurus perpanjang di Gerai SIM Mal Gandaria City karena buka sampai malam. Sedangkan yang ingin mengurus perpanjang SIM pagi, bisa langsung meluncur ke Satpas SIM di Polres Jakarta Selatan di Jalan Wijaya  (Depan Kampus Interstudi) yang buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB.

perpanjang sim

Satpas SIM Polres Jakarta Selatan

Ya, karena beberapa aksi teror silam di Surabaya. Pengamanan Polres Jakarta Selatan jadi lebih ketat di penjagaan pintu masuk. Bersikap wajar saja dan tenang. Kamu tinggal bilang ke petugas tujuan kamu untuk perpanjang SIM. Gerainya ada di dekat Masjid Komplek Polres Jakarta Selatan.

Syarat perpanjang SIM

  • e-KTP
  • Fotokopi e-KTP dua lembar
  • SIM Asli
  • Fotokopi SIM dua lembar

perpanjang sim

Kalau belum sempat fotokopi, di Polres Jaksel tersedia tempat fotokopi. Harga fotokopi di sini cukup rasional kok. Saya fotokopi 8 kali cuma bayar Rp 3.000.

Beda dengan waktu di Gerai SAMSAT Ciater saat bayar pajak motor. Untuk fotokopinya saja dikenai biaya Rp 10.000. Buat yang keberatan dengan biaya segitu, sebaiknya fotokopi dulu di tempat lain ya hehehe.

perpanjang sim

Nah, setelah syarat perpanjang SIM sudah ada. Kamu tinggal mengurus perpanjang SIM dengan sangat mudah. Oh ya, yang menarik di Satpas SIM Polres Jaksel ini disediakan playground juga lho buat anak-anak.

perpanjang sim

Playground Satpas SIM Polres Jakarta Selatan

Langkah dan cara perpanjang SIM di Satpas Polres Jakarta Selatan

  1. Siapkan berkas asli dan fotokopi
  2. Bayar biaya perpanjang SIM di loket Bank BRI di seberang loket pendaftaran
  3. Bayar biaya asuransi
  4. Bayar surat kesehatan
  5. Mengisi formulir
  6. Membawa semua berkas ke loket pendaftaran
  7. Menunggu untuk difoto
  8. Setelah foto kemudian menunggu proses perpanjang SIM selesai
  9. Setelah SIM selesai, kamu akan diminta untuk memberikan rating atau feedback pelayanan di Satpas

Semua proses tersebut saya lakoni kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menit. Kalau sudah tau alur pengurusan perpanjang SIM seperti itu sih, saya yakin bisa lebih cepat lagi. Apalagi saat itu relatif lowong, yang mengurus perpanjang SIM hanya beberapa orang saja.

perpanjang sim

Bank BRI satu atap di Satpas

perpanjang sim

Manfaat Asuransi SIM

perpanjang sim

Semua berkas sudah lengkap

 

Biaya perpanjang SIM

  • Perpanjang SIM C (pribadi) Rp 75.000,-
  • Perpanjang SIM A (pribadi) Rp 80.000,-
  • Asuransi Rp 30.000,-
  • Surat kesehatan Rp 25.000,-
  • Fotokopi Rp 3.000,-
perpanjang sim

Biaya perpanjang SIM A dan SIM C

Saat itu saya memperpanjang SIM C dan SIM A sekaligus. Karena mengurus perpanjang dua SIM sekaligus saya membayar asuransi dengan total Rp 30.000,-. Tapi, kalau untuk surat kesehatan ternyata cukup satu saja. Jadi tidak perlu dua seperti asuransi.  Jadi total biaya perpanjang SIM di Satpas Polres Jakarta selatan sebesar Rp 213.000,-

perpanjang sim

Loket pendaftaran Satpas SIM Polres Jakarta Selatan

Tips perpanjang SIM

  • Jangan telat memperpanjang SIM, usahakan satu bulan sebelumnya
  • Kenakan pakain rapi, berkemeja dan sepatu. Celana denim tak masalah.
  • Sesuaikan jam buka Satpas atau Gerai SIM dengan jam kerja kamu
  • Siapkan uang pas
  • Fotokopi dulu berkasnya jika keberatan membayar biaya lebih mahal
  • Bawa air minum dan camilan khawatir menunggu terlalu lama
  • Sebaiknya hindari mengurus perpanjang SIM melalui calo apalagi oknum orang dalam
  • Kalau ngurus di Mal Gancit bisa langsung jalan-jalan
  • Kalau ngurus di Polres Jaksel relatif lebih sepi dan lebih cepat

Nah, cara perpanjang surat izin mengemudi tanpa bantuan calo itu mudah banget kok. Semua bisa dilakukan sendiri baik di SIM keliling, Gerai SIM maupun di Satpas SIM seperti yang saya lakukan.

Jangan lupa follow Instagram dan subscribe Youtube saya ya.