Kurban Online – Salah satu cerita masa kecil yang saya ingat adalah cerita Habil dan Qabil, putra Nabi Adam yang memperebutkan Iqlima. Keduanya berkompetisi untuk mendapatkan Iqlima dengan cara berkurban. Dalam kisah itu Habil mengkurbankan binatang ternak yang gemuk dan gagah. Sementara Qabil sebaliknya.

Sudah bisa ditebak, pengorbanan yang diterima oleh Allah SWT adalah pengorbanan Habil karena berani memberikan binatang ternak yang gagah dan gemuk.

Dari kisah tersebut kita bisa memetik pelajaran bahwa pengorbanan itu memang harus sepenuh hati, terutama bagi yang mampu. Apalagi jika ingin mendapatkan sesuatu yang lebih besar.

Sebagai jomblo yang saleh, Habil paham betul bahwa Allah SWT pasti menginginkan pengorbanan yang terbaik. Sayang Qabil tidak membaca hal tersebut sehingga berujung pada kekecewaan yang mengakibatkan pertumpahan darah pertama di muka bumi.

Nah, dua hari lagi (10 Zulhijjah) kita sudah memasuki Idul Kurban atau Idul Adha. Secara syariat, Idul Kurban merupakan sebuah simbol pengorbanan seseorang dalam rangka bertaqarrub atau mendekatkan diri pada Allah SWT.

Selain kisah Habil dan Qabil tentu juga saya mengingat kisah Nabi Ibrahim yang harus menyembelih anak kesayangannya sendiri Ismail atas perintah Allah SWT. Namun pada ujungnya Ismail posisinya digantikan oleh Allah SWT menjadi seekor Kibas yang gemuk dan gagah.

Keutamaan Berkurban

  • Mendekatkan diri pada Allah SWT melalui pengorbanan.
  • Wujud ketaatan seorang hamba pada Tuhannya.
  • Menyiapkan kendaraan terbaik di akhirat.
  • Berempati pada sesama sebagai wujud aksi sosial dan solidaritas sesama muslim.
  • Syiar agama Islam melalui aksi sosial kemanisiaan
  • Menggembirakan orang lain, kaum dhuafa, sebagai manifestasi akhlakul karimah
  • Melaksanakan ibadah utama setiap kali dalam satu tahun

Penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan pada hari raya Idul Adha setelah salat dan 3 hari Tasyrik. Jadi, masih ada waktu cukup banyak setelah hari Raya Idul Adha untuk tetap bisa berkurban.

Nah, zaman digital begini udah banyak juga kok yang menawarkan pemesanan kurban online. Pemesanan semudah memesan ojek online. Suer, gak perlu ribet lagi cari-cari kambing murah dan repot merawat apalagi menyalurkannya.

Pernah tahu atau denger kan daging kurban dijual lagi sama penerimanya? Duh sedih banget ya. Lah mbok ya kalau memang niatnya buat dijual lagi berarti dia enggak butuh daging kurban. Melainkan butuh uang buat kebutuhan lain.

Saya liat sekarang banyak lembaga pengelola kurban yang menyasar beberapa kantong-kantong kemiskinan di daerah terpencil tertinggal dan jauh dari jangkauan. Bukan hanya itu saja, beberapa daerah yang terkena konflik, terlepas dari apapun konfliknya, menjadi salah satu sasaran penerima kurban online ini. Jadi benar-benar diupayakan tepat sasaran.

Nih, Global Qurban juga menawarkan beberapa hewan kurban online yang bekerjasama dengan Bukalapak. Harganya rasional banget kok, nih liat daftarnya.

  • Kambing (Rp1.750.000) berat di atas 25kg
  • Kambing Gaza (4.275.000) berat di atas 45kg
  • Sapi (Rp12.250.000) berat di atas 220kg
  • Sapi Gaza (Rp29.295.000) berat di atas 400kg
  • Unta (Rp25.750.000) berat di atas 300kg

Keuntungan kurban online karena semua dijamin secara syariat baik hewan kurbannya hingga pemotongannya. Bahkan penyalurannya pun tepat sasaran di berbagai daerah di Indonesia hingga ke 30 negara lain di dunia.

Tapi kan nanti gak ada pembuktiannya?

Tenang, semua tercatat kok. Kalau kalian berkurban secara online ada laporan informasi pemotongan, distribusi melalui sertifikat serta bukti foto qurban. Semua akan dilaporkan secara transparan.

kurban online

 

Kurban secara online itu lebih murah, mudah karena gak perlu repot survey harga ke beberapa penjual, dan paling penting adalah memberdayakan peternak juga. Utamanya sih biar tepat sasaran, bagi kaum miskin serta perbaikan gizi buruk anak-anak di daerah konflik.

kurban online

Penerima Kurban di Somalia

kurban online

Penerima Kurban di Somalia

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Google+