Tips Persiapan Traveling ke Legoland, Malaysia Bareng Keluarga

Tips Persiapan Traveling ke Legoland, Malaysia Bareng Keluarga

July 27, 2018 0 By Dzulfikar

Ada beberapa persiapan traveling ke Legoland Malaysia yang memang khusus saya highlight. Item tersebut seperti pemesanan hotel di Legoland Malaysia dan tiket pesawat.

Saya sengaja pesan dari situs Legoland langsung untuk pemesanan hotel dengan credit card dengan alasan lebih murah dibandingkan lewat agen online sekalipun.

Berbekal pengalaman orang lain ke Legoland, saya memilih untuk berangkat dari Johor Bahru ketimbang harus masuk dari Singapura.

Buat yang memang berencana ke Legoland Johor Bahru, lokasinya ini ibaratnya seperti berada di Bogor. Jika kita berangkat dari Bandung ada dua pilihan untuk bisa ke Bogor. Pertama bisa lewat Cianjur atau lewat Jakarta nanti masuk lagi ke Jagorawi.

Nah, dari Johor Bahru ke Singapura ini ibarat dari Bogor ke Jakarta. Deket banget deh pokoknya. Kalau dari Kuala Lumpur malah lebih jauh lagi.

Bedanya dengan Bogor dan Jakarta, Singapura dan Malaysia ini kan beda negara. Jadi kalau kita masuk lewat Singapura, kita harus melewati dua Imigrasi Singapura dan Malaysia.

Karena udah baca-baca dan rada serem dengan beberapa kisah di Imigrasi Singapura, saya lebih memilih masuk lewat Johor Bahru dulu kemudian ke Singapura via Custom Woodland.

Yang paling repot sih sebetulnya cari nomor antrian kuota paspor. Untung saya udah duluan bikin paspor. Karena berangkat bareng keluarga, mau gak mau ya harus bikin paspor anak juga.

Saya sengaja bikin paspor anak yang 24 halaman. Lebih murah daripada harus mengurus paspor yang 48 halaman. Lagian juga belum tentu kami sekeluarga bisa berangkat ke luar negeri tiap tahun kan, hahahaha.

Persiapan traveling ke Legoland, Malaysia sebetulnya gak ada yang spesial kok. Paling buat anak-anak, kita tetap bekel pop mie dan beberapa camilan buat di perjalanan.

Yang paling susah justru bikin itinerary sama budget selama perjalanan. Jujur, ini juga jadi pengalaman pertama kali saya ke luar negeri.

Itinerary yang saya bikin selama 5 hari 4 malam di Malaysia dan Singapura rata-rata gak bisa diselesaikan sesuai dengan rencana. Soalnya kita bener-bener jalan waktu di Singapura. Yah, paham lah ya kalau bawa anak-anak itu seperti apa.

Padahal saya udah bawa gendongan buat si bungsu. Yang kudu kompromi malah sama si sulung karena dia harus beberapa kali istirahat. Tapi, dia hebat juga lah ya mau jalan-jalan jauh, pegel-pegel selama di SIngapura. Kalau di Tangsel sih boro-boro mau jalan hahaha.

Kalau di Johor sih enak bisa pakai Grab lebih murah. Kalau di Singapura sesekali doang naik Grab selebihnya ya MRT dan Bus yang udah pasti lebih murah.

Terus kenapa alasan saya ngajak anak-anak ke Legoland Malaysia? Soalnya kalau ke Universal Studio di Singapura katanya belum cocok buat anak di bawah 7 tahun.

Pengennya sih ke Disneyland Hong Kong hahaha, cuma budgetnya belum sampai buat ke Hong Kong bareng keluarga.

Nah, ngomongin soal budget buat traveling itu emang butuh persiapan banget. Apalagi kalau bawa keluarga. Jangan sampe deh kita ngemper-ngemper di negara orang lain. Kalau sendirian sih gak masalah ya. Kalau bawa anak-anak ya kasian juga.

Rabu (25/7) lalu kebetulans saya menghadiri travel blogger gathering bareng Adira Finance. Saya baru tahu juga kalau ternyata sekarang Adira bisa kasih pinjaman buat traveling dengan jaminan BPKB.

Chrysanto/TX Travel

Nah, Adira punya rekanan travel terpercaya nih guys. Insya allah sih ya gak ada cerita wisatawan ditinggal sama tour leadernya di luar negeri kalau sama TX Travel.

Paket tour yang baru ada atau yang saat ini ditawarkan sama Maxi Adira Finance adalah nonton MotoGP Sepang dan keliling ke Tiga Negara (Singapura, Thailand dan Malaysia) dengan cicilan mulai dari Rp 300 ribuan aja.

Antonius Danny Hendarko/Deputy Director Adira Finance

Nah, enaknya lagi kalau pinjem sama Adira Finance, kamu bisa pilih travel lain. Jadi lebih mudah kan kalau kamu punya travel yang misalnya sudah jadi langganan kamu atau kebetulan punya temen kamu atau masih punya keluarga kamu sendiri.

 

Kalau tertarik untuk tour ke 3 negara atau nonton langsung MotoGP Sepang, kamu bisa menyiapkan beberapa syarat berikut ini:

Syarat pembiayaan Maxi Travel Adira Finance

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi STNK
  • BPKB Mobil atau Motor
  • Kartu Keluarga, dan
  • NPWP

Ya, udah pasti juga kalau kamu pengennya ke Legoland dan Singapura. Kamu bisa cari tour khusus yang memang punya paket tour ke Legoland sekaligus ke Singapura.

Kalau boleh saranin sih, sebelum mengajukan utang buat jalan-jalan ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan

  • Kalau masih punya utang, lebih baik utangnya dilunasi dulu sebelum punya utang baru
  • Kalau mau berutang, pastikan cicilannya tidak lebih dari 30% total penghasilan tiap bulan
  • Sesuaikan negara tujuan dengan budget
  • Bagusnya lagi jika sudah punya tabungan untuk dana darurat saat di luar negeri
  • Usahakan untuk memilih tenor cicilan yang paling singkat dan jangan terlalu lama

Menggunakan tour seperti ini juga pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau gak mau repot dengan urusan tetek bengek ya worth it banget cari travel yang terpercaya dengan harga yang kompetitif.

Jangan terlalu mudah tergiur dengan harga murah. Takutnya nanti kayak tour travel nakal yang menelantarkan konsumennya. Masih ingat kan kasus First Travel dan Abu Tour.

Tapi, gak sedikit juga kok travel yang lurus-lurus aja dan sudah punya konsumen loyal. Yang jelas sih, pilihan kembali lagi ke kamu sendiri ya.

Kelebihan menggunakan tour atau travel agen seperti ini cukup banyak sih

  • Tidak pusing merencanakan budget traveling
  • Tidak pusing mencari transportasi di negara tujuan
  • Tidak pusing mencari hotel di negara tujuan
  • Tidak pusing cari makan
  • Tinggal duduk dan jalan-jalan aja

Kekurangan menggunakan tour travel

  • Biaya relatif lebih mahal
  • Tidak bisa memilih hotel yang diinginkan
  • Tidak bisa memilih sendiri transportasi yang diinginkan
  • Jadwal mengikuti itinerary yang sudah disiapkan
  • Waktu kurang fleksibel

Jadi, kalau kamu emang tertarik untuk jalan-jalan dengan pembiayaan murah ini bisa langsung cek aja di situs Adira Finance.